Ajaib Nih Khasiat Brown Rice, Kulit Jadi Flawless hingga Cegah Jerawat

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla5

VIVA – Semua orang, terutama cewek punya kulit yang sehat karena bisa memberi efek penampilan jadi terlihat lebih cantik. Tapi punya kulit sehat, nyatanya enggak gampang.

Untuk Perawatan Kulit, Chaty Sharon: Makeup dan Skincare Harus Saling Mendukung

Pemakaian skincare secara rutin biasanya jadi cara paling banyak dilakukan untuk bikin kulit sehat sekaligus cantik. Tapi enggak cuma perawatan topikal, asupan yang masuk ke dalam tubuh juga sangat penting bagi kesehatan kulit wajah.

Dikutip dari laman The Health Site, Kamis, 8 Agustus 2019, brown rice atau beras cokelat bisa menjadi alternatif asupan sehat untuk kamu yang ingin punya kulit sehat. Berikut berbagai manfaat beras cokelat untuk kesehatan kulit.

Arab Saudi Perdana Ikut Miss Universe 2024, Netizen: Kiamat Semakin Dekat

1. Kulit flawless

Tingginya kadar polusi buruk dan paparan sinar UV di perkotaan, meninggalkan noda hitam di wajah. Hal itu bisa diatasi dengan asupan beras cokelat yang tinggi serat serta mineral penting. Tak cuma itu, beras cokelat juga punya protein yang bisa membantu pertumbuhan sel dan merangsang peredaran darah, sehingga kulit terlihat cerah alami lho.

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Dijamin Sembuh Seketika

2. Cegah penuaan dini

Beras cokelat punya protein yang membantu memperbaiki sel kulit rusak dan menjaganya dari proses penuaan, seperti keriput dan garis-garis di kulit. Penuaan dini sendiri terjadi akibat ketidakstabilan gula darah yang memicu stres. Dengan konsumsi beras cokelat, kadar gula darah bisa dipertahankan tetap stabil.

3. Menjaga elastisitas kulit

beras cokelat mengandung selenium yang membantu elastisitas kulit tetap terjaga serta mengurangi peradangan kulit. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kamu bisa membuat campuran dari 2 sendok makan beras cokelat yang sudah menjadi bubuk, tambah 1 sendok makan (sdm) plain yogurt dan 1/2 sdm campuran beras lainnya yang juga sudah digiling. Adonan ini diaplikasikan di wajah selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Tangkal jerawat

Kandungan antioksidan, vitamin, dan magnesium di beras cokelat dapat melindungi kulit dari jerawat. Tak hanya itu, kandungan astringent dan bahan-bahan lain yang bersifat dingin juga bisa mengurangi kemerahan di sekitar jerawat.

5. Atasi wajah terbakar matahari

Beras cokelat memiliki sifat anti-inflamasi dan bahan yang mendinginkan, yang bisa membantu mengatasi kulit wajah yang terbakar usai terpapar matahari terlalu lama. Kamu cukup menggunakan air bekas rendaman beras cokelat, lalu basuh ke wajah satu kali sehari, dan kulit akan mengalami perubahan lebih baik. Selamat mencoba! (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya