Jangan Ketipu, Ini 3 Cara Gampang Kenali Klinik Kecantikan Abal-abal

Ilustrasi spa/masker/facial.
Sumber :
  • Freepik/freestockcenter

VIVA – Perawatan tubuh dan kecantikan bagi para wanita sudah  jadi sebuah kebutuhan. Tapi enggak cuma wanita, belakangan pria juga mulai hobi merawat tubuh dan wajah.

Klinik Stem Cell Ilegal di Kemang Raup Untung hingga Rp10 Miliar

Karenanya tak heran jika sekarang banyak menjamur klinik kecantikan. Tapi sayangnya meski permintaan tinggi, namun tidak semua klinik kecantikan memiliki kualitas yang baik. 

Seringkali juga muncul klinik kecantikan abal-abal yang menawarkan perawatan dengan harga miring, namun tidak bisa terjamin keamanannya.

Dokter Klinik Stem Cell Ilegal di Kemang Resmi Ditahan

Itu sebabnya penting sekali mengetahui bagaimana cara memilih klinik kecantikaan agar tidak terjerumus pada klinik abal-abal. Lalu, bagaimana cara mengenali klinik kecantikan berkualitas?

Founder dari The Clinic Beautylosophy, dr Danu Mahandaru, Sp.BP-RE menyarankan apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan. Biar lebih gampang, berikut ini VIVA rangkum 3 Tips gancil mengenali klinik kecantikan abal-abal. 

Tiga Tahun Beroperasi, Korban Stem Cell Ilegal di Kemang Puluhan Orang

1. Kenyamanan 

Yang utama adalah kenyamanan saat melakukan perawatan. Ia menganjurkan untuk memilih klinik kecantikan yang memang didukung oleh dokter estetika yang ahli dalam bidang kecantikan.

"Jika perawatan dilakukan oleh dokter yang ahli di bidangnya tidak perlu merasa khawatir karena hasilnya sudah pasti akan memuaskan," ungkap dr Danu dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Kamis, 8 Agustus 2019.

2. Alat-alatnya berkualitas

Penting juga, nih untuk mengetahui alat-alat apa saja yang dibutuhkan. Ia menyarankan untuk memilih klinik kecantikan yang juga didukung oleh alat-alat berkualitas dan juga telah tersertifikasi. 

Penting juga untuk mengetahui apakah alat dan teknologi yang digunakan telah diakui, serta dilakukan oleh dokter estetika profesional. Menurut Danu, pasien tidak perlu khawatir akan terjadi malapraktek.

3. Jangan pilih yang murah banget 

Terkadang harga  murah di klinik perawatan kecantikan itu menggiurkan banget. Danu mengatakan bahwa klinik kecantikan abal-abal seringkali menawarkan harga yang terlampau murah. Sehingga, jika ada sebuah klinik kecantikan dengan harga yang jauh di bawah klinik kecantikan kebanyakan, hal itu patut dicurigai. 

"Jika  menemukan hal seperti itu, Anda harus berhati-hati karena mungkin saja perawatan yang ditawarkan membahayakan diri. Selain itu, klinik kecantikan abal-abal biasanya dijalankan oleh orang yang tidak jelas latar belakang pendidikannya," kata dia. 

Sehingga jika  tidak ingin hal buruk menimpa terjadi, jangan pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan abal-abal. Perlu diketahui bahwa di Indonesia tidak sedikit orang yang telah menjadi korban perawatan kecantikan di klinik abal-abal.

Bahkan ada beberapa orang yang kehilangan nyawa akibat melakukan perawatan yang tak sesuai dengan prosedur. Tentunya melakukan perawatan di klinik kecantikan abal-abal memiliki risiko yang cukup besar dan tidak setimpal dengan harga murah yang ditawarkan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya