Jangan Asal Beli, Ini Cara Pilih Berlian Supaya Enggak Ketipu

Adelle Jewellery
Sumber :
  • Viva.co.id/Bimo Aria

VIVA – Belakangan ramai diperbincangkan soal Barbie Kumalasari yang jual berlian palsu. Padahal, di beberapa infotaiment istri dari artis Galih Ginanjar ini mengatakan kalau berlian yang ia jual 100 persen asli.

Terkuak! Kedermawanan Babe Cabita Diam-diam Beli Baju untuk Anak Panti Asuhan

Seperti yang banyak kita temui di media massa, jual beli berlian belakangan banyak dilakukan. Entah sebagai investasi, atau karena hobi semata, yang pasti banyak orang yang mulai tertarik untuk tahu tantang berlian.

Sayangnya, di tengah ketertarikan masyarakat akan berlian, namun tak banyak yang mengerti bagaimana memilih berlian asli dengan kualitas tinggi. Sebab itu, penting untuk tahu cara mengenali berlian yang berkualitas. 

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga

Ditemui saat pembukaan Adelle Jewellery d Plaza Indonesia, Director-International Business GemEx, Justin Wagner membocorkan cara untuk menilai berlian berkualitas, yaitu dilihat dari 4C, yakni Cut, Clarity, Color dan Carat.

Adelle Jewellery

Baterai Baru BYD Siap Menggebrak Pasar Otomotif

"Jika umumnya berlian dinilai berdasarkan kualitas 4C yaitu Cut, Clarity, Color dan Carat, Eternal Flame punya penilaian yang lebih, yakni berdasarkan light performance atau pantulan cahaya yang dihasilkan, dan ini merupakan standar penilaian pertama di Indonesia,” kata Wagner, beberapa waktu lalu. 

Sementara itu, CEO Adelle Jewellery, Michael Surya, juga menambahkan bahwa untuk menilai berlian yang berkualitas juga dilihat dari dari tiga parameter yakni, brilliance, sparkle and fire. 

Ia menjelaskan bahwa brilliance sendiri ialah indikator cahaya putih yang dikeluarkan suatu berlian, sementara sparkle ialah kilauan yang muncul dari berlian, sedangkan fire ialah cahaya berwarna yang muncul dari berlian. 

"Jadi kita mempunyai sebuah mesin yang dapat menghitung seberapa banyak cahaya yang dapat dipantulkan sebuah berlian  sehingga mereka bisa mengkalkulasi dari light performance. Dengan begitu mereka tahu mana berlian yang berkualitas." 

Sementara itu cara mudah lainnya untuk mengetahui berlian berkualitas ialah dengan sertifikat yang menyertainya. Sertifikat itu juga mesti diberikan oleh lembaga yang kredibel seperti GIA dan GemEx.

"Kami mensertifikasi berlian Eternal Flame dengan GIA dan GemEx karenakami ingin memastikan bahwa berlian Adelle Jewellery tidak hanya memiliki kualitas yang baik tapi juga indah dipandang, beautiful inside out," kata Wagner. (nda)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya