Jangan Salah, Pakai Lotion Ternyata Ada Aturannya Lho

Lotion Perawatan Kulit
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kulit menjadi bagian penting dari tubuh setiap orang. Kulit yang sehat tentunya menjadi dambaan, khususnya kaum wanita agar mampu tampil cantik dan menarik.

5 Manfaat Pakai Sunscreen Spray, Lebih Efektifkah dari Losion?

Kebutuhan untuk kesehatan kulit seluruh tubuh sebenarnya tidak sulit yang terdiri dari sabun mandi, scrub serta body lotion dan body butter. Masing-masing jenis perawatan tersebut memiliki manfaat sendiri yang baik bagi tubuh.

"Untuk sabun mandi biasanya berfungsi mencerahkan dan melembutkan kulit sedangkan scrub untuk angkat sel kulit mati," ujar karyawan Secret Garden beauty, Ni Luh Made Linda Septyadewi, ditemui di Bedugul, Bali, Rabu 4 Agustus 2019.

Review Pelembab dari Berlian, Beraroma Mewah Cerahkan Kulit

Sementara itu, body lotion dan body butter berfungsi melembabkan kulit. Hanya saja, keduanya memiliki perbedaan dalam meningkatkan kelembapan kulit tubuh.

"Kalau body butter karena ada sea butter di dalamnya, jadi bisa dua kali lipat melembapkan kulit," kata dia.

Manfaat Niacinamide, Atasi Jerawat hingga Redakan Dermatitis Atopik

Nah, yang jarang banget orang pahami adalah cara penggunaan dari empat jenis perawatan ini. Sebab, dengan fungsi yang berbeda, cara penggunaan atau aplikasi pemakaiannya di kulitpun berbeda.

"Kalau lotion dan butter, harus diapikasikan dengan satu arah. Ini dilakukan agar mencegah bulu di kulit rontok. Lalu untuk scrub dan sabun mandi sebaiknya saat diaplikasikan di tubuh, agak ditekan lalu diputar searah jarum jam agar melancarkan peredaran darah," jelasnya.

Ilustrasi lotion atau pelembap.

Mengenal Lotion Serum dan Manfaatnya Bagi Kecantikan Kulit

Nah, tak hanya kulit wajah dan leher, kulit di bagian tubuh lainnya juga butuh perawatan ekstra dan bukan sekadar tabir surya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2023