Enam Desainer Indonesia Pamer Karya di Slovakia dan Serbia

Karya desainer Indonesia yang akan dipamerkan di Slovakia dan Serbia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Karya-karya membanggakan dari para desainer Indonesia kembali mengukir prestasi. Kali ini karya dari enam desainer Indonesia mendapat kesempatan melenggang di ajang Indonesia-Slovakia Fashion Day bertajuk Bratislavske Modne Dny, pada 17 September 2019, di Slovakia.

Bikin Bangga! Wiwiek Hatta ID Angkat Nama Indonesia di Fashion Show Modest Internasional Malaysia

Keenam desainer yang diboyong oleh Beautiful Indonesia bersama dengan Pertamina ini adalah Ariy Arka, Rudy Chandra, Nita Seno Adji, Ida Giris, Erdan, dan Malik Moestaram. Mereka akan membawakan koleksi yang diangkat dari kebudayaan Indonesia yaitu kain tenun Lombok.

Promotor Beautiful Indonesia Emi Chaniago mengatakan, gagasan untuk membawa karya desainer Indonesia ke Eropa Timur ini berawal dari mimpinya ingin memperkenalkan budaya Indonesia. Selama ini, ketika ia bepergian ke luar negeri, masih banyak yang tidak mengenal Indonesia.

Koleksinya Elegan Banget, Nada Puspita dan Khanaan Kolaborasi untuk London Fashion Week

Baca juga: Tampil Feminin dengan Koleksi Kolaborasi Seniman Oamul Lu

Slovakia dan Serbia dipilih karena Emi ingin para desainer ini mendekatkan karya mereka ke pasar yang potensial atau disebut dengan istilah 'jemput bola'.

Budaya Batak Go International, Merdi Sihombing Tampilkan Koleksi Ulos di New York Fashion Week

"Negara-negara di Eropa Timur masih jarang terjamah. Di satu sisi, Serbia imejnya adalah apakah masih aman di sana, masihkah ada perang? Padahal, di sana sudah tidak ada lagi perang dan sama halnya, di sana mereka juga belum kenal Indonesia, jadi saling mempromosikan," jelas Emi saat konferensi pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat 13 September 2019.

Busana karya entrepreneur muda binaan Pertamina Ariy Arka juga akan diusung ke Fashion Beautiful Indonesia Vol 10, di Beograd Serbia serta Athena. 

Pertunjukan karya Ariy Arka, digelar jelang keberangkatan desainer muda tanah air menuju pasar internasional.

Pertamina melakukan program binaan terhadap UMKM Indonesia sejak 1993. Ada tujuh sektor yang menjadi fokus program ini, salah satunya adalah fesyen. Pertamina memberikan tak hanya bantuan modal, tapi juga pelatihan bahkan membukakan kesempatan untuk memperluas pasar pelaku usaha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya