Jarang Diketahui, Tomat Bisa Bikin Kulit Wajah Glowing

Tomat.
Sumber :
  • Pixabay/graceful

VIVA – Tomat dikenal sebagai makanan bernutrisi baik bagi tubuh. Siapa sangka, manfaat tomat ternyata bisa membuat kulit wajah mulus nan glowing, mencegah penuaan dini bahkan kanker kulit, lho.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Kulit wajah yang mulus dan awet muda selalu menjadi dambaan banyak orang. Tak heran berbagai perawatan, seperti facial hingga botox digunakan bagi sebagian besar masyarakat yang mendambakan kulit wajah mulus.

Alih-alih bikin kantong jebol, ternyata ada cara murah dan aman yang efektif bikin kulit sehat dan mulus. Tomat bisa menjadi pilihan menjaga kesehatan kulit karena di dalamnya mengandung potassium, magnesium, vitamin a dan vitamin B yang mampu mencegah kerutan.

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Lantas, apa saja sih manfaat tomat untuk kulit wajah? Berikut penjelasannya, dilansir dari laman The Health Site, Kamis, 26 September 2019.

Cegah kanker

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Berdasarkan studi Inte?national Journal of Nutrition, Pharmacology, Neurological Disease (IJNPND) tahun 2018, tomat mengandung likopen, yakni zat karotenoid yang memberi warna merah pada tomat, yang berkhasiat sebagai anti kanker. Paparan sinar matahari bisa memicu kanker kulit non-melanoma. Dengan rutin konsumsi tomat, membantu menurunkan risiko tersebut.

Redakan efek terbakar matahari

Lycopene, phytofluene dan phytoenecarotenoids di dalam tomat merupakan kandungan ajaib yang mampu melindungi tubuh dari sinar matahari. Meski bukan sebagai pengganti tabir surya, menurut studi dalam Nation Institute of Health USA, konsumsi tomat dapat mengurangi efek radiasi sinar matahari ke kulit. Kulit menjadi tidak terlalu sensitif terhadap radiasi sinar UV sehingga mencegah risiko efek terbakar dari matahari.

Menyembuhkan luka

Kandungan vitamin C di dalam tomat membantu membentuk lapisan baru pada luka di kulit. Secangkir tomat atau sama dengan 30 gram vitamin C memiliki manfaat baik dalam menyembuhkan luka.

Redakan iritasi kulit

Menurut Nation Institute of Health USA, komponen seperti lycopene, beta carotene, lutein, vitamin e dan vitamin C di dalam tomat memiliki efek anti inflamasi. Saat diaplikasikan langsung pada kulit, membantu meredakan iritasi dan inflamasi akibat paparan sinar matahari.

Gantikan sel kulit mati

Menurut studi, enzim di dalam tomat membantu menggantikan sel kulit mati. Kamu bisa membuat scrub dari campuran tomat dengan gula. Aplikasikan dengan menggosoknya di kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya