Teknologi Auto Microneedle Ampuh Hilangkan Bopeng Jerawat

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • Freepik/Tongpatong

VIVA – Jerawat menjadi permasalah kulit yang seringkali dikeluhkan. Disamping jerawat aktif, luka bekas jerawat bisa sangat mengganggu penampilan karena membuat kulit muka tampak kusam, kemerahan atau memiliki tekstur. 

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Luka bekas jerawat atau yang biasa disebut dengan bopeng atau scar jerawat pada dasarnya adalah kondisi yang terjadi akibat kerusakan jaringan kulit dari masalah jerawat noninflamasi maupun inflamasi setelah proses penyembuhan terjadi. 

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari ERHA Skin, Hair and Laser Expert, dr. Shinta Damayanti, SpKK menjelaskan scar jerawat ini merupakan bekas luka yang terlihat di wajah akibat proses peradangan pada jerawat. Scar jerawat biasanya berupa lekukan dangkal di kulit seperti kawah, ada yang berukuran kecil sedang hingga cukup besar.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

“Kulit tampak bolong-bolong sehingga permukaan kulit terlihat tidak mulus. Ini biasanya muncul ketika suatu proses di kulit terjadi hingga ke lapisan dermis kulit,” kata dia di ERHA Pondok Indah, Jakarta Selatan. 

Dia melanjutkan, peradangan parah atau munculnya bekas jerawat bisa terjadi karena luka setelah memencet, teknik facial yang keliru, pengobatan jerawat yang tidak tepat atau pun membiarkan jerawat sembuh dengan sendirinya. Sayangnya, tidak ada produk skincare atau topikal untuk mengatasi scar jerawat ini. 

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Acne scar cekung tidak bisa pakai krim. Ada hitam merah ada acne scar. Hiper cekung mau pakai krim tidak bisa, dibantu tindakan untuk rangsang kolagen dan elastin,” kata dia. 

Beberapa tahun belakangan ini inovasi di dunia kesehatan kulit untuk mengatasi bekas jerawat semakin berkembang. Beberapa treatment tersebut antara lain Acne Scar Treatment by Auto Microneedle dan Acne Scar Treatment by Microneedle RF yang dikembangkan oleh ERHA Skin, Hair and Laser Expert. 

Dr. Shinta menyebut, Auto Microneedle adalah generasi baru dari kombinasi teknologi yang muncul dengan menggabungkan jarum-jarum halus (Auto Microneedle Therapy System) dan elektroporasi untuk memasukan serum secara efektif ke dalam lapisan bawah epidermis kulit. Metode ini juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen.

Luka-luka kecil yang terjadi pada kulit akan merangsang produksi dari elastin dan kolagen. Kolagen baru ini akan membuat kulit wajah lebih halus. Serum yang digunakan berguna untuk membantu merangsang produksi kolagen baru tersebut.

Sedangkan Microneedle RF Microneedle RF merupakan teknologi RadioFrequency termutakhir dan terinovatif yang telah mendapatkan sertifikasi dari US FDA dan dinobatkan sebagai The Best Anti-Aging Treatment oleh My Face My Body Awards 2018, USA (Media Global yang paling bergengsi dalam industri Estetika).

Microneedle RF menggunakan microneedle berbalut emas murni 24K untuk menghantarkan gelombang Radio Frequency langsung kepada lapisan kulit yang paling dalam sehingga perawatan dengan Microneedle RF dapat memberikan hasil klinis yang signifikan dan permanen, serta risiko masa pemulihan dan efek samping yang kecil sekali bahkan tidak ada sama sekali.

Microneedle RF bekerja dengan cara menghantarkan gelombang radio frekuensi menggunakan jarum jarum halus dan kecil yang dilapisi emas murni 24K, dan dapat mencapai kedalaman hingga 3,5mm pada kulit. Teknologi RFID ini memanaskan jaringan dengan akurat dan merata sehingga menciptakan kolagen dan elastin baru pada bagian kulit terdalam tanpa melukai bagian kulit yang dangkal.

Kolagen dan elastin baru ini akan terbentuk secara utuh dalam waktu 3 sampai 6 bulan ke depan sehingga pasien dapat merasakan peningkatan kualitas kulit yang terus-menerus selama 6 bulan kedepan.

“Sesudahnya nantinya para pasien akan mendapatkan obat antibiotik atopik yang digunakan pada pagi, siang dan malam selama seminggu,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya