Calon Menteri Jokowi Pakai Baju Putih saat ke Istana, Apa Sih Artinya?

Pendiri Gojek Nadiem Makarim datang ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.

VIVA – Sejumlah tokoh nasional diundang Presiden terpilih, Joko Widodo ke Istana Merdeka, Senin 21 Oktober 2019. Mulai dari Nadiem Makariem, Mahfud MD. Wishnutama, hingga Prabowo. Mereka diproyeksi akan menjadi menteri pada kabinet Jokowi selanjutnya.

Hakim Saldi Isra: Keterangan 4 Menteri Jokowi Bisa Bantu MK Putuskan Sengketa Pilpres

Ada satu hal yang menarik dari semua tokoh yang dipanggil ke istana hari ini. Hampir semua tokoh yang hadir, terlihat mengenakan setelan kemeja putih dan juga celana hitam. Apa sebenarnya makna kemeja putih yang dikenakan para tokoh ketika menghadap Presiden Jokowi?

Saat pertama kali menjabat sebagai presiden pada 2014 lalu, Jokowi juga mewajibkan para menteri terpilih mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Cara mengenakan kemeja itu pun diatur, yaitu lengan harus sedikit digulung. Sementara, bajunya dibiarkan menjuntai di luar celana.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Hal tersebut ternyata dipilih dengan maksud tertentu. Pada 2014, mantan Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto mengatakan, baju putih dengan lengan yang digulung bermakna sebagai simbol orang bekerja. 

Dilansir dari Color Psychology, warna putih sendiri merupakan warna paling terang, yang berarti kemurnian, kepolosan, dan integritas. Warna itu dipakai, bahkan dari zaman kuno, oleh imam tinggi atau dalam ritual yang sangat penting.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Putih dianggap mewakili kesempurnaan, karena merupakan warna paling murni dan paling lengkap. Ini adalah warna yang mewakili permintaan baru dan menghapus jejak tindakan di masa lalu.

Warna putih sering dilambangkan seperti selembar kertas putih yang belum ditulis. Itu membuat pikiran terbuka dan bebas, untuk apa pun yang mungkin tercipta.

Empat Menteri Kabinet Jokowi hadir di Sidang MK

Sidang Sengketa Hasil Pilpres 2024 Rampung, MK: Enggak Mungkin Kita Undang Banyak Pihak

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024. Agenda berikutnya, MK akan melakukan Rapat Permusyawa

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024