Biar Gak Ketipu, Ini 3 Tips Memilih Jasa Titip yang Aman

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Belakangan bisnis personal shopper alias pelaku jasa titip beli (jastip) kian menjamur. Lewat jastip semua produk atau barang apapun yang diinginkan dengan mudah bisa ada dalam genggaman. 

Asosiasi Ritel hingga Pusat Perbelanjaan Curhat Dihantui Praktik Jastip

Kamu cukup browsing sambil duduk manis, saat menemukan barang yang diinginkan tinggal titip lalu transfer dan menunggu sampai barang yang kamu pesan tiba di rumah.

Tak cuma di dalam negeri, jasa titip ini juga merambah  ke luar negeri lho. Barang yang dibelipun enggak harus yang mahal, tapi barang-barang receh juga banyak diminati.

Gebrakan Baru Pasar Tanah Abang, Hadirkan “Little Bangkok” bagi Pelaku Jastip Raup Cuan Maksimal

Meski nampaknya mudah dan praktis, tapi beli barang lewat jastip juga enggak bisa asal. Bayu Sutrisno, Co-founder titipbeliin.com mengatakan, kalau tidak semua jasa jastip itu terpercaya lho.

"Banyak jastip yang ilegal. Apalagi beli dari luar, banyak yang tertangkap petugas Bea & Cukai bandara dengan berbagai modus ilegal untuk menghindari pajak," ujarnya lewat rilis yang diterima VIVA Rabu 23 Oktober 2019.

4 Tempat Belanja Murah di Bangkok untuk Bisnis Jastip Biar Makin Cuan!

Karena itu supaya tak salah langkah dan aman, Bayu memberikan tips gimana caranya belanja jastip yang aman.

Tentukan jenis barang

Pertama tentukan jenis barang yang kamu pengin. Kamu mesti tahu kalau tidak semua jastip mengakomodir semua keinginan para pembelinya. 

"Karena itu kita harus menentukan jenis produk yang akan dibeli. Buatlah daftar belanjaan mengenai produk tersebut dan gambar untuk memudahkan penyedia jastip membelikannya," ujarnya.

Baca baik-baik aturannya

Setiap jastip punya aturannya masing-masing, termasuk menentukan harga dan bagaimana cara membayarnya. Pahami baik-baik bagaimana aturan yang mereka buat.

Selain itu, penting sekali mencari jastip yang peraturannya memudahkan pembeli. "Misalnya seperti cara kerja titipbeliin.com yang sederhana. Pengguna hanya perlu menempelkan URL barang yang mau dititip ke dalam homepage."

Kemudian isi detail barang seperti dimensi, berat dan harga juga unggah NPWP kemudian akan muncul harga total yang meliputi harga barang, pajak dan pengiriman Internasional lalu bayar dengan berbagai metode pembayaran.

"Tak kalah penting, pengguna bisa terima barang dalam waktu 3 sampai 15 hari. Berbagai urusan pajak dan
pengiriman telah diurus oleh titipbeliin.com."

Pilih jastip yang terpercaya

Jasa titip Ilegal banyak pula bermunculan. Cari jastip yang terpercaya dan legal diakui.

"Sebagai jasa titip legal pertama di Indonesia yang memasukkan pajak sebagai komponen biaya yang
dibayarkan pengguna sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan. Kami juga punya sistem perhitungan pajak otomatis pada website sesuai peraturan pemerintah."

Rilis sejak 18 Maret 2019 titipbeliin.com mendukung titipan dari semua e-commerce dari negara
Amerika, China dan Singapura. "Kami telah melayani 3.500 transaksi dengan 6.500 pengguna aktif."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya