10 Desainer Pamer Karya Ramah Lingkungan di Cotton Day Indonesia 2019

Cotton Council International (CCI)
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati

VIVA – Tema tentang ramah lingkungan dan produk berkelanjutan sedang santer digaungkan akhir-akhir ini. Begitu pun dalam dunia fashion. Para desainer berusaha menciptakan karya dengan meminimalisir limbah dan memanfaatkan kembali bahan-bahan yang masih bisa dipakai.

Koleksi Fesyen Ini Diluncurkan untuk Dukung Pemberdayaan Perempuan

Selain itu, pemilihan bahan juga tak kalah penting. Bahan katun yang berasal dari serat kapas, diketahui memiliki kualitas tinggi dan juga ramah lingkungan. Untuk itu, 10 desainer lokal berkolaborasi dengan 10 perusahaan tekstil, menciptakan desain yang lebih ramah lingkungan dengan tidak melupakan sisi kearifan lokal.

Dalam ajang Cotton Day 2019, Cotton Council International (CCI) mengadakan fashion show yang mengangkat tema Cotton Day – Indonesia 2019. Ada puluhan busana yang ditampilkan hasil kolaborasi 10 perusahaan tekstil dengan 10 desainer lokal di Indonesia, serta 8 brand lokal dan internasional.

Fashion Show di Paris, Netizen Soroti Desain Baju Geprek Bensu

"Ini merupakan bentuk kolaborasi antara mills dan desainer lokal di Indonesia. Para kolabolator menampilkan karya terbaru dalam bentuk busana sehari-hari dengan bahan dasar serat kapas," ujar Bruce Atherley, Executive Director CCI, di Jakarta, Selasa 29 Oktober 2019.

Beberapa karya yang ditampilkan pada fashion show ini juga tidak lupa mengangkat berbagai kearifan lokal di Indonesia, yaitu batik. Selain itu, fashion show ini juga mengangkat tema muslim wear, sehingga masyarakat umum lebih mengenal kain dengan bahan kapas nyaman untuk dikenakan sebagai busana muslim di iklim tropis seperti di Indonesia.

Ivan Gunawan Luncurkan Busana Terbaru Jelang Ramadhan

Salah satu desainer yang terlibat adalah Amanda Lestari atau Mandy dari brand Lekat, yang dikenal sebagai desainer pertama yang menggunakan bahan katun dalam setiap karyanya. Ia memamerkan total 9 look, dari kain tenun Baduy yang dibuat dari bahan katun yang ramah lingkungan.

"Tenun dari Baduy, lebih ke warna-warna tanah. Kami menggunakan bahan ramah lingkungan dari kapas dan bisa di-recycle dan menelurkan brand kedua. Kami berusaha mengedukasi masyarakat, kita gunakan sustainable," ujarnya di tempat yang sama.

Cotton Day Indonesia 2019 merupakan ajang bagi berbagai pelaku industri tekstil untuk menampilkan berbagai inovasi terkait bahan serat kapas dengan kualitas terbaik. CCI juga menghadirkan beberapa pembicara dalam forum bertajuk The BtoB Seminar For The Indonesian Textiles Mills, yang dihadiri oleh lebih dari 250 pelaku industri tekstil dan komunitas mode di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya