Ternyata, Berlian Paling Mahal Bukan yang Warna Putih

Berlian
Sumber :
  • VIVA/ Sumiyati

VIVA – Umumnya, kebanyakan orang mengira kalau berlian hanya berwarna putih. Padahal, berlian memiliki banyak warna, seperti kuning, hitam, hijau, biru dan pink. Namun berdasarkan harga, berlian putih lebih mahal dibanding berlian kuning.

Bobol Brankas Majikan, ART di Kota Malang Bawa Kabur Berlian dan Ratusan Juta Rupiah

"Kalau yellow diamond lumayan harganya. Cuma lebih murah daripada putih," ujar Airyn Tanu, COO Passion Jewellery di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa 5 November 2019.

Dan ternyata, berlian paling mahal bukanlah yang berwarna putih melainkan pink. Berlian ini tergolong langka dan harganya sangat mahal. Sedangkan di urutan kedua termahal adalah berlian biru.

Unik Banget, Istri Denny Sumargo Ngidam Strawberry Rp100 Ribu hingga Berlian

"Yang paling mahal itu pink, asalnya dari Australia, tambang paling terkenalnya dari sana. Tapi pink-nya itu, agak pucat. Yang bener-bener pink itu mahal sekali dan langka. Satu yang kecil banget, 0,5 karat bisa miliaran harganya. Yang kedua blue," tambah Airyn.

Lebih lanjut ia menjelaskan, beberapa kolektor berlian awalnya hanya mengoleksi berlian yang berwarna putih saja. Namun lama-kelamaan, ketika mereka mulai paham kalau berlian tidak hanya berwarna putih saja, mereka mulai beralih ke berlian yang lebih berwarna.

Jangan Terkecoh, Begini Cara Bedakan Berlian Asli dan Sintetis

"Ada beberapa yang udah kolektor memang mereka mencari. Mereka sudah banyak punya koleksi putih, akhirnya beralih ke colour diamond. Biasanya mereka awalnya koleksi yang putih dulu baru beralih ke colour," kata dia.

Airyn pun turut memberikan contoh dari jenis berlian yang biasa dikoleksi oleh para kolektor berlian, dari mulai batu permata hingga kemudian mengoleksi yang aneh-aneh.

"Sama dengan gemstones, mereka pilihnya blue savir, ruby sama emerald dulu. Baru mereka beralih ke yang aneh-aneh, seperti paparaca lah, apa lah," ungkap Airyn.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya