Pertama Kali Beli Berlian? Ikuti Tips Ini Biar Gak Tertipu

Koleksi berlian di Festival Jewellry & Timepieces
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sumiyati

VIVA – Berlian merupakan salah satu perhiasan dengan harga tinggi. Untuk berlian dengan kualitas bagus, harga satu karatnya saja mencapai Rp100 juta. Jadi, kalau kamu berniat membelinya, pastikan kamu membeli di tempat yang tepat dan pada orang yang benar. Jangan sampai, kamu ditipu dan akhirnya membeli berlian palsu. 

Perjalanan Hamil Istri Denny Sumargo, Dari Keguguran, Ngidam Buah Mahal hingga Diamond

COO Passion Jewellery Airyn Tanu mengatakan, jangan sampai membeli berlian yang salah karena kini banyak beredar berlian sintetis.

"Berlian sintetis itu kalo dites pake diamond tester, pada umumnya bisa bunyi. Nah, itu nanti kita ada education tentang diamond itu," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id dalam Festival Jewellery & Timepieces di Grand Hyatt, Jakarta Pusat.

Unik Banget, Istri Denny Sumargo Ngidam Strawberry Rp100 Ribu hingga Berlian

Baca juga: Perhiasan Wah Hailey Baldwin saat Menikah dengan Justin Bieber

Biasanya, berlian digunakan sebagai investasi dan disimpan sebagai tabungan untuk generasi kita selanjutnya, misal untuk anak cucu. Atau membeli buat sewaktu-waktu bisa kita jual kembali. Untuk itu, Airyn berharap supaya kita lebih berhati-hati ketika hendak membeli berlian. 

Jangan Terkecoh, Begini Cara Bedakan Berlian Asli dan Sintetis

"Hati-hati karena biasanya mereka kan beli simpan buat next generation, untuk anak lah untuk cucu, atau mngkin mereka sekedar beli nanti mau dijual lagi kalau sewaktu-waktu BU. Tapi pada saat BU, ternyata berliannya palsu. Jangan sembarangan beli, belilah di tempat yang memang terpercaya," kata dia. 

Airyn juga turut memberikan tips buat kamu yang baru pertama kali mau membeli atau berinvestasi berlian. Karena harga berlian tidak murah, sekarang membeli berlian bisa dengan metode cicilan. "Sekarang berlian pun bisa cicilan. Jadi bisa dicicil dikit-dikit disimpan. Kalau dulu kan apa-apa harus cash," ungkap Airyn. 

Yang kedua, belilah di toko yang terpercaya, yang memberikan sertifikat dan sudah menjamin keasliannya.

"Yang penting result value-nya berapa, trade in-nya gimana, dan yang terpenting guarantee. Jadi jangan sembarangan beli aja sih. Jangan terkecoh dengan harga murah, pada saat kita sertifikatin ternyata kaget dengan hasilnya. Atau harga yang kamu beli malah lebih mahal dari harga pasaran," kata Airyn Tanu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya