Mengenal Sepatu Compass, Brand Lokal yang Selalu Ludes Tiap Kali Rilis

Sepatu Compass 98 Vintage desain oleh @oldblueco
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Kamu tentu sudah familiar dengan beberapa brand sneakers luar, seperti Adidas, Nike, Puma, Converse, Vans, dan lain-lain, bukan? Namun, bagaimana dengan merek sepatu Compass? Sudah cukup familiarkah di telinga kamu?

Gak Lagi Sneakers, Tren Sepatu Kini Bergeser ke Dress Shoes

Ya, sejak keputusan pihak sepatu Compass yang membatalkan peluncuran Compass 98 Vintage, Sabtu, 14 Desember 2019 dikarenakan antrean membludak dan berlangsung ricuh, nama sepatu Compass langsung meroket. Banyak yang bertanya-tanya, apa dan dari mana sepatu Compass ini hingga memiliki penggemar yang begitu menggila?

Dilansir dari berbagai sumber, sedikit mengenal sneakers ini, Compass merupakan brand sepatu lokal yang didirikan sejak 1998 lalu. Sejak kemunculannya di tahun tersebut, sepatu yang mengusung tema vintage di setiap modelnya ini tidak langsung populer.

Intip Tren Streetwear, Warnai Transformasi Gaya Fashion di Shopee 3.3 Grand Fashion Sale

Kemudian, baru pada 2017 lalu, sang creative director, Aji Handoko, melakukan re-branding untuk sneakers yang berasal dari Bandung ini. Ia meluncurkan seri Gazelle, yang terinspirasi dari sepatu vintage tahun 1940-an.

Seri Gazelle ini dirilis dengan model low dan hi, dengan beberapa warna dasar, seperti hitam, merah, putih, dan gum. Sepatu berbahan kanvas ini memiliki konsep modern namun masih memiliki sentuhan vintage.

Honda ADV 160 Limited Marvel Edition, Pilih Livery Captain America atau Iron Man?

Jika dilihat sekilas, model sepatu ini didesain ala Vans. Perbedaannya terletak pada toe cap yang tidak didesain full, melainkan hanya seperempat. Selain itu, Compass seri Gazelle ini juga dibuat dengab upper canvas dan vulcanized sol.

Dan akhirnya, pada 2018 lalu, menjadi momen kejayaan dari sepatu ini. Perlahan tapi pasti, nama sepatu Compass sebagai brand lokal murah tapi enggak murahan, mulai mencuri hati pecinta sneakers di Indonesia. Hingga pada setiap perilisannya, sepatu ini selalu ludes diburu pembeli.

Sebelum dijadwalkan rilis di event Wall of Fades di Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, yang akhirnya dibatalkan. Sepatu Compass 98 Vintage, sebelumnya dirilis pada event Urban Sneakers Society di District 8, SCBD, Jakarta Selatan. Pada saat itu, antusiasme pengunjung juga tak kalah membludak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya