5 Kontes Kecantikan Top Dunia di 2019 Dimenangkan Wanita Kulit Hitam

Toni-Ann Singh
Sumber :
  • Instagram/Tonni-Ann Singh

VIVA – Toni-Ann Singh dari Jamaika berhasil dinobatkan sebagai Miss World pada hari Sabtu, 14 Desember 2019. Kemenangannya sekaligus menandai pertama kalinya wanita kulit hitam secara bersamaan memegang gelar lima dari kontes kecantikan top dunia.

Duet dengan Andmesh, Miss World 2019 Fasih Lantunkan Lagu Indonesia

Kemenangan Tonni-Ann Singh sekaligus mendobrak stereotipe ajang kecantikan yang selama beberapa dekade berjuang dengan rasisme, segregasi, dan stereotip gender.

Pekan lalu, Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan berhasil menyabet mahkota  Miss Universe. Kemenangan itu adalah pertama kalinya empat mahkota kontes utama dipegang oleh wanita kulit hitam.  

Princess Megonondo, Ramah Anak hingga Raih Top 40 Miss World 2019

Sebelumnya, Kaliegh Garris juga memenangkan Miss Teen USA pada bulan April, Cheslie Kryst memenangkan Miss USA pada bulan Mei, serta Nia Franklin yang memenangkan Miss America 2019. 

Kemenangan mereka menunjukkan bagaimana kompetisi kecantikan itu telah berevolusi dari yang biasanya hanya memvalidasi fitur yang terkait dengan wanita kulit putih, seperti kulit yang lebih terang dan rambut lurus.  

Gadis Jamaika Dinobatkan Jadi 'Ratu Sejagad' di Ajang Miss World 2019

Evolusi itu dapat mempengaruhi komunitas secara global, di mana kulit gelap jarang dianggap sebagai standar kecantikan, kata Noliwe Rooks, profesor studi Africana di Cornell University. 

"Perempuan kulit hitam yang dapat diidentifikasi benar-benar mengatakan sesuatu tentang tingkat kenyamanan kulit hitam di masyarakat," kata Profesor Rooks, yang baru-baru ini mengajar kursus tentang ras, mode, dan gender.

Seperti diketahui, kontes kecantikan tersebut baru-baru ini berusaha untuk lebih menekankan pada aspek kehidupan di luar panggung kontestan mereka. Kontes itu menyoroti prestasi dan aksi sosial mereka, bukan hanya penampilan mereka.

Tahun lalu, Organisasi Miss America mengumumkan akan mengakhiri kontes pakaian renang, di antara perubahan lainnya. Mereka juga telah memperluas siapa saja yang diizinkan untuk berpartisipasi.  

Organisasi Miss Universe, yang mengelola Miss USA dan Miss Teen USA, misalnya, mulai mengizinkan perempuan transgender sebagai kontestan pada 2012. Banyak yang telah lama mengkritik kurangnya perwakilan wanita kulit hitam di kompetisi. Vanessa Williams menjadi wanita kulit hitam pertama yang memenangkan gelar Miss America pada tahun 1984.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya