5 Mitos Seputar Pemakaian Make-up, yang Bikin Orang Salah Penafsiran

Ilustrasi makeup/riasan/kosmetik.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Saat akan mengenakan make-up, ada enggak sih patokan-patokan yang selalu kamu terapkan atau pernah kamu curi dengar lalu selalu kamu ikuti saat mengaplikasikan kosmetik? Hati-hati ya, jangan-jangan yang selama ini yang kamu terapkan cuma mitos belaka.

Bolehkah Berwudhu Ketika Memakai Make Up dan Softlens? Begini Penjelasan Buya Yahya

Kalau kamu selama ini memercayai kalau pakai foundation enggak usah seluruh muka, atau percaya kalau make-up adalah biang keladi jerawat, berarti kamu sudah termakan mitos.

Dan ternyata, masih ada beberapa mitos lain seputar penggunaan make-up ini lho. Mau tahu apa saja? Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa mitos seputar pemakaian make-up.

Viral Salon Tawarkan Makeup Mengerikan tapi Banyak yang Minat, Kok Bisa?

Enggak perlu aplikasikan foundation ke seluruh muka
Foundation merupakan make-up paling dasar. Foundation berfungsi untuk meratakan warna kulit, menutupi bintik hitam, dan kekurangan yang ada di wajah kamu. Menerapkan foundation hanya di area wajah tertentu bukanlah ide bagus karena perbedaannya akan sangat terlihat.

Kamu bisa memadukan concealer dengan foundation
Concealer bukanlah langkah selanjutnya setelah foundation. Kamu bisa mengaplikasikan concealer saat wajah kamu masih polos. Jika di wajahmu tidak ada pigmentasi yang terlalu terlihat, kamu tidak perlu menggunakan alas bedak atau foundation. Cukup gunakan concealer untuk menyamarkan mata panda, bintik hitam dan bekas jerawat kamu. Pastikan warna concealer yang kamu pilih mendekati warna kulit kamu.

Transformasi Aulia Sarah jadi Badarawuhi: 3 Jam Makeup dan Rahasia di Baliknya

Pakai warna hitam untuk pensil alis
Memilih pensil alis berwarna gelap adalah kesalahan yang banyak dilakukan orang. Pensil alis hitam akan membuat alis kamu tidak terlihat alami. Sebaliknya, pilihlah warna yang lebih terang dari rambut alis kamu. Pensil cokelat gelap bisa jadi alternatif yang lebih baik.

Senyum saat pakai blush on
Ini memang tidak salah, hanya saja tidak berlaku universal. Seiring bertambahnya usia, kulit kita akan mengendur. Jadi, saat kamu tersenyum dan mengaplikasikan blush on kemudian melepaskan senyum, penempatan blush on akan lebih rendah dari yang diharapkan. Jika kamu memiliki kulit yang sudah mulai mengendur, cukup oleskan perona pipi tanpa perlu tersenyum atau menonjolkan pipi kamu.

Makeup adalah penyebab jerawat
Jika kamu menggunakan produk kadaluarsa baru bisa menyebabkan jerawat. Ada banyak penyebab jerawat dan hanya memakai make-up tidak bisa jadi alasannya. Tapi meski demikian, jangan pernah menggunakan make-up dalam waktu lama, begitu kamu pulang beraktivitas, segera bersihkan muka kamu. Karena make-up yang menempel terlalu lama dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan berbagai masalah kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya