4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • Freepik/benzolx

VIVA – Beberapa obat memang disediakan untuk meredakan gejala akibat kulit sensitif. Tetapi, jangan lupakan peran makanan yang juga berdampak besar pada kesehatan kulit sensitif.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Banyak studi menyebutkan bahwa pilihan asupan makanan seseorang bisa berkontribusi pada peradangan di sistem tubuh termasuk kulit. Saat peradangan terjadi, tak jarang memicu beragam penyakit kronis bahkan kulit sensitif.

Makanan tertentu ternyata bisa menjadi sumber antiperadangan yang meredam gejala kulit sensitif. Sebaliknya, sebagian makanan dapat memicu proses peradangan sehingga kulit sensitif menjadi semakin rentan. Berikut makanan yang perlu dihindari bagi pemilik kulit sensitif dikutip dari laman Health Grades, Jumat, 27 Desember 2019.

Olla Ramlan Tegaskan Unggahan Minta Tolong di Instagram Berasal dari Hati Terdalam

Gula

Salah satu sumber makanan yang perlu dihindari yaitu gula, seperti kue, biskuit, dan minuman bersoda. Gula membuat kadar insulin meningkat yang mana mempermudah proses peradangan terjadi.

7 Alasan Skincare dari Korea Selatan Diminati di Indonesia

Makanan olahan dan lemak jenuh

Daging merah khususnya yang diolah seperti sosis, sebaiknya dihindari. Makanan tinggi lemak yang digoreng dengan rendaman minyak juga berbahaya. Sumber lemak jenuh juga bisa dari pemakaian butter, krim, dan lemak daging.

Produk olahan susu dan yang dipanggang

Roti atau produk yang dipanggang lainnya cenderung menggunakan gluten sebagai salah satu bahannya. Selain itu, beragam produk olahan susu seperti keju juga harus dibatasi. Hindari asupan yang berlebihan, ya.

Makanan pedas dan tambahan pewarna

Makanan pedas bisa memicu proses peradangan mudah terjadi. Adanya tambahan pewarna buatan turut membuat proses peradangan rentan terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya