Bukan Hanya Indah , Bunga Sakura Punya Khasiat Ajaib untuk Kulit

Bunga sakura di Tokyo, Jepang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pesona Jepang memang selalu menarik perhatian para wisatawan Indonesia. Bukan cuma indah pemdangan alamnya, budaya daerah, serta kebiasaan warganya yang hidup teratur membuat Jepang begitu menarik perhatian wisatawan.

Diduga Wisatawan Indonesia Rusak Pohon Sakura di Jepang, Netizen: Bikin Malu

Bukan hanya itu, empat musim di Jepang juga selalu menjadi daya tarik atau magnet wisatawan Indonesia untuk berkunjung. Sebut saja saat musim cherry blossom atau musim bunga sakura yang mekar pada Maret akhir hingga awal April.

Kecantikan warna bunga sakura yang berwarna pink atau putih membuat masyarakat berbondong-bondong mengunjungi Jepang. Enggak heran kalau saat musim bunga sakura tumbuh, daerah yang banyak ditumbuhi bunga sakura akan selalu dipadati oleh wisatawan.

Khasiat Premium DNA Salmon Soap, Beri Manfaat Luar Biasa Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Namun tahukah kamu bahwa bunga sakura tidak hanya indah untuk dipandang dan diabadikan dalam foto saja loh. Ternyata bunga sakura, juga banyak sekali manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Apa saja manfaat kandungan bunga sakura untuk kecantikan dan kesehatan kulit? Berikut ini ulasannya seperti yang dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA dari Ms Glow.

Berasa di Jepang, Bunga ‘Sakura’ Bermekaran di Jaksel

Anti inflamasi

Sebuah penelitian di Guangzhou, China yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science menyatakan bahwa ekstrak bunga sakura bersifat anti inflamasi atau anti peradangan.

Mengurangi kemerahan pada kulit

Penelitian pada 40 relawan di pulau Jeju, Korea Selatan menghasilkan  bahwa  penggunaan produk yang memiliki kandungan bunga sakura sebanyak 2 persen mampu mengurangi kulit yang iritasi dan kemerahan. Bahkan kemerahan berkurang dalam waktu 24 jam dan ruam-ruam kulit akan benar-benar hilang dalam waktu 9 hari pemakaian.

Mengurangi proses oksidasi pada kulit

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Agriculture and food chemistry, ekstrak bunga sakura kaya akan caffeic acid atau sejenis antioksidan yang dapat menghambat proses oksidasi kulit yaitu proses yang membuat noda hitam muncul di kulit.

Mengecilkan Pori-pori

Menurut penelitian dari Oryza Fat Oil & Chemical Co.Ltd, ekstrak Bunga Sakura memiliki unsur anti-glikasi yang bermanfaat untuk merapatkan pori-pori kulit. Sehingga penggunaan rutin dapat menghasilkan pori-pori yang lebih halus dan tekstur kulit yang lebih kenyal.

Saat ini, banyak produk kecantikan yang memasukkan ektrak bunga sakura ke dalam produknya. Umumnya, produk kecantikan ini bisa menenangkan kulit dan membuatnya terasa halus. Selain itu juga dapat mengurangi noda-noda hitam di wajah serta menyamaratakan warna dan tekstur kulit dalam sekejap. Kamu bisa menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu. Oleskan krim tersebut setelah menggunakan krim malam dan bilaslah di esok hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya