Jangan Sembarangan, Ini Tips Merawat Rambut Berwarna Tetap Sehat

Anak dengan rambut diwarnai.
Anak dengan rambut diwarnai.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Mengubah warna rambut telah menjadi tren tersendiri baik di kalangan perempuan maupun laki-laki. Setelah proses pewarnaan selesai, banyak orang tidak sadar bahwa rambut berwarna membutuhkan perawatan ekstra. 

"Jika salah dalam melakukan perawatan rambut berwarna, tidak menutup kemungkinan rambut malah menjadi rusak dan terkesan tidak terawat. Bahkan, rambut juga bisa mengalami masalah lain seperti patah, bercabang, atau rontok," ungkap Hair Expert dari The Clinic Beautylosophy dr Nur Anindhawati, Sp BP-RE seperti dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA, Jumat, 10 Januari 2010.  

Untuk itu, perlu lebih selektif dalam merawat rambut yang berwarna agar tetap sehat dan warnanya tetap memancar dengan kuat. Anindhawati mengatakan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan rambut. 

"Lakukanlah keramas dengan rutin namun jangan terlalu sering karena berpotensi merusak rambut, kulit kepala dan juga warna rambut. Pastikan sampo yang kamu gunakan cocok dengan kondisi kepala dan rambut. Untuk hasil maksimal, kamu juga bisa menggunakan produk sampo khusus untuk rambut berwarna," kata dia. 

Selain sampo, lanjut Nur Anindhawati, sebaiknya juga menggunakan kondisioner karena tekstur rambut yang diwarnai cenderung lebih kering daripada rambut alami yang tidak diwarnai. Jadi pastikan menggunakan rangkaian produk perawatan yang ditargetkan untuk melembapkan rambut, setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini agar rambut sehat dan warnanya juga tidak mudah pudar.

"Cara penggunaannya juga mudah, setelah keramas menggunakan sampo, usapkan kondisioner pada rambut yang sudah dibasahi dengan air hangat, kemudian bungkus dengan handuk selama kurang lebih 30 menit agar vitaminnya dapat terserap. Selanjutnya bilas rambut hingga bersih, manfaatnya akan terlihat ketika rambut sudah kering," kata dia. 

Hal laun yang juga penting menjadi perhatian ialah agar tidak sering menggunakan pengering rambut catokan. Penggunaan yang terlalu sering dapat merusak rambut bahkan rambut yang tidak diwarnai juga bisa rusak akibat kedua hal tersebut.