Tips Memilih Hand Sanitizer agar Kulit Gak Kering dan Pecah-pecah

Ilustrasi cuci tangan/hand sanitizer.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Menurut imbauan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan dan menggunakan produk antiseptik merupakan bentuk proteksi diri paling efektif yang harus dilakukan selama masa pandemi virus corona atau COVID-19 ini

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Tak hanya itu, mencuci tangan juga akan meminimalisir penyebaran virus asal Wuhan, China tersebut.

WHO telah mengatakan bahwa alkohol dengan kadar minimal 65 persen dapat membasmi penyebaran virus corona. Namun, mencuci tangan dengan produk antiseptik yang mengandung alkohol seperti hand sanitizer bisa membuat kulit tangan menjadi kering. Apalagi jika digunakan sering-sering.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Nah, kulit kering yang pecah-pecah juga bisa menimbulkan masalah baru. Untuk itu, Dokter Kulit dr. Sari Chairunnisa, SpKK memberikan sejumlah tips cara memilih hand sanitizer yang baik dan tak akan membuat kulit kering.

"Sering mencuci tangan dapat membuat kulit kering dan pecah-pecah sehingga dapat menjadi pintu masuknya virus dan bakteri. Untuk itu, pilihlah hand sanitizer yang memiliki kandungan aktif melembapkan seperti aloe vera," ucap Sari dalam peluncuran Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Hand Gel, Kamis, 28 Mei 2020.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Ia juga menjelaskan, selain untuk merawat kulit tangan, tambahan pelembap berbahan dasar air akan mempermudah penetrasi produk ke dalam lapisan kulit.

"Gunakan hand sanitizer yang mengandung moisturizer (pelembap) pada seluruh area tangan, mulai dari punggung tangan, telapak tangan, sela-sela jari dan pergelangan tangan untuk menjaga kesehatan kulit tangan," kata Sari.

Selain itu, pilih juga hand sanitizer yang teksturnya ringan dan tidak lengket. Begitu pula dengan kemasan yang praktis, sehingga memudahkan Kamu tetap higienis tanpa perlu mencuci tangan ketika berada di tempat umum dan jauh dari sumber air.

Menurutnya, dengan menjaga kebersihan tangan, baik dengan mencuci menggunakan sabun dan air mau pun hand sanitizer, kita dapat mengurangi terpapar virus yang menempel di tangan.

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Hand Gel sendiri merupakan inovasi hand gel halal, aman dan melembapkan dengan kandungan alkohol 80 persen dan ekstrak aloe vera organik, sehingga mampu memberikan perlindungan antiseptik ekstra

Alkohol memiliki sifat yang mudah menguap seiring dengan waktu. Konsentrasi 80 persen alkohol memastikan dosis efektif untuk membasmi kuman dan virus

Seperti yang kita ketahui, virus corona menyebar melalui droplets orang yang terinfeksi. Droplets bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung atau tenggorokan. Tangan merupakan transmisi paling umum dari penyebaran virus dari satu orang ke orang lain.

"Menghentikan penyebaran COVID-19 tentunya dibutuhkan usaha yang lebih besar dan cepat. Mari kita mulai menanamkan kebiasaan baik menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan serta menggunakan hand sanitizer yang tetap menutrisi dan melembabkan kulit tangan," kata Shabrina Salsabila, Brand Manager Activation Wardah dalam kesempatan yang sama.

Ia juga menambahkan bahwa kita semua berperan penting dalam melindungi diri dan orang-orang yang kita cintai. Pihaknya sendiri juga telah bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Jakarta untuk meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan tangan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya