Cara Disinfeksi Alas Kaki agar Tak Bawa Virus Corona ke Dalam Rumah

Ilustrasi sepatu kulit
Sumber :
  • Pixabay/Kristianus Kurnia

VIVA – Sejak virus corona atau COVID-19 menyebar, orang-orang jadi lebih peduli untuk mendisinfeksi area di sekitar rumah dan mencuci tangan lebih sering daripada sebelumnya agar tetap aman dari virus. 

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Tapi, sudahkah kamu mendisinfeksi alas kaki yang setiap hari kamu pakai? Ya, sepatu atau sandal lebih sering bersentuhan dengan permukaan yang terinfeksi, jadi kamu harus mensterilkannya sesering mungkin. 

Membersihkan sepatu atau sandal, sama pentingnya dengan mencuci tangan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendisinfeksi alas kaki yang kamu punya, agar tak membawa COVID-19 ke dalam rumah, dikutip dari Times of India

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Pisahkan alas kaki yang digunakan di dalam dan luar rumah

Pertama dan terpenting, pisahkan alas kaki dalam dan luar ruangan untuk menjaga rumah tetap aman dari virus. Jika tidak memiliki alas kaki dalam dan luar, jangan membawa alas kaki ke dalam rumah. Khusus untuk orang-orang yang bekerja di departemen kesehatan, harus melakukan hal ini.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Jangan menyentuh langsung sepatu saat melepasnya

Jangan menyentuh sepatu dengan tangan kosong saat melepasnya setelah kamu bepergian dari luar. Kamu bisa menggunakan sarung tangan sekali pakai saat melepas sepatu. Pastikan kamu mencuci kaki dan tangan setiap kali menyentuh sepatu atau keluar rumah. 

Perhatikan kebersihan alas bawah sepatu

Karena alas bawah sepatu bersentuhan langsung dengan kotoran di luar, kamu bisa menggunakan alas kaki di luar dan membersihkannya secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran pada alas bawahnya. Gosok sepatu pada keset, baru kemudian masuk. Setelah masuk, langsung pergi ke kamar mandi dan cuci kaki dengan baik. 

Gunakan kain lap untuk menyeka sepatu

Kamu bisa menaruh kain lap di rak sepatu atau menggunakan handuk hangat untuk mendisinfeksi bagian luar sepatu atau sandal. Atau jika ada, kamu bisa menggunakan tisu disinfektan dan gunakan dengan cara yang sama. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat kamu membersihkannya. Pastikan juga cuci tangan setelah selesai membersihkan.

Biarkan sepatu kering secara alami

Pastikan kamu mengeringkan sepatu yang dicuci secara alami, karena semprotan disinfektan yang digunakan untuk sepatu perlu waktu untuk mengendap. Usap dengan kain setelah menyemprotnya beberapa menit, jika kamu menggunakan disinfektan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya