5 Cara Jitu untuk Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri

Rekan kerja yang iri
Sumber :
  • times of india

VIVA – Sebagian besar profesional pasti menemukan kolega yang mudah cemburu atau iri karena suatu alasan atau tidak sama sekali. Berurusan dengan kolega semacam itu setiap hari di tempat kerja bukan hanya bisnis yang tidak menyenangkan, tetapi sikap negatif mereka dapat menghambat produktivitas, menurunkan kepercayaan diri, dan menyebabkan banyak penderitaan mental.

Sederet Cara Hadapi Teman yang Bermuka Dua di Kantor

Apa pun dapat membangkitkan kecemburuan mereka (beberapa bahkan tidak perlu alasan untuk membalas dendam!) Dan Anda tidak akan pernah tahu kecuali mulai memperhatikan tanda-tanda tertentu tentang perilaku mereka terhadap Anda.

Rekan yang cemburu sering mencoba untuk mengambil alih kekuasaan yang tidak sah, menunggu kesempatan untuk membuat orang tersebut terlihat buruk di depan orang lain, terutama bosnya, dan yang paling penting, mereka mencoba mengucilkan target dengan tidak memasukkannya dalam kegiatan kantor untuk buat dia merasa terpencil dan tidak diinginkan. 

Ini Cara Hadapi Rekan Kerja Menjengkelkan

Perilaku beracun seperti itu bisa sangat tak tertahankan, tetapi Anda tidak dapat menuduhnya melakukan sesuatu karena mereka beroperasi dengan baik dalam norma-norma kantor, kan? Rekan-rekan cemburu semacam itu perlu ditangani dengan bijaksana. Jadi, inilah beberapa cara strategis untuk menangani rekan kerja yang suka cemburu atau iri dilansir dari Times of India.

Lakukan pekerjaan dengan baik

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Apa yang bisa membuat seseorang, yang ingin Anda gagal, merasa lebih buruk? Ketika mereka melihat Anda melakukan pekerjaan Anda dengan baik, mendapat pujian dan hati semua orang, terutama jika bos mulai menghargai upaya Anda. 

Ya, ada risiko dia akan mengganggu, tetapi jika Anda bagus dengan apa yang Anda lakukan, memenuhi target dan menjadi aset yang dapat diandalkan, mereka akan mundur pada akhirnya.

Ketidaktahuan adalah kebijakan terbaik

Kami tahu betapa Anda tergoda untuk menghadapi kolega yang iri dan mengatakan kepadanya bagaimana perilakunya memengaruhi pekerjaan Anda. Kadang-kadang, langkah seperti itu bisa menjadi bumerang.

Karena kolega yang iri atau cemburu ketika mereka mendapatkan penegasan yang jelas bahwa perilaku mereka mengganggu Anda, itu hanya akan membuat mereka lebih bahagia dan lebih bertekad menjalankan apa yang mereka lakukan. Jadi lebih baik Anda tidak tergoda dan anggap tidak tahu akan lebih bijaksana. 

Dokumentasi adalah keharusan

Dokumentasikan semuanya — bekerja di akhir pekan, memenuhi tenggat waktu, mengerjakan pekerjaan tambahan, dll. Karena upaya pertama rekan kerja yang cemburu adalah membuat Anda terlihat buruk di depan orang lain, terutama bos.

Bahkan jika Anda melakukan semuanya dengan sempurna, mereka selalu dapat memanipulasi kebenaran dan dapat menjatuhkan sesuatu yang sederhana seperti, 'Oh! dia selalu menjauh dari melakukan pekerjaan pada hari Minggu, sangat santai di depan bos. 

Pernyataan seperti itu dapat membuat Anda terlihat tidak profesional tanpa alasan. Jadi, hanya untuk menjaga diri aman, mendokumentasikan pekerjaan Anda sangat penting.

Berteman dengan kolega lain dan temukan sekutu

Salah satu motif utama kolega yang cemburu adalah mengasingkan Anda sehingga Anda tidak mendapatkan bantuan atau dukungan dari orang lain selama dibutuhkan. Karena itu penting untuk memiliki teman di kantor. 

Mengingat fakta bahwa rekan kerja Anda yang cemburu akan berasal dari tim yang sama, Anda harus mencoba berteman di tim lain. Juga, saat memilih sekutu sebaiknya memiliki seseorang dari otoritas yang lebih tinggi, jika memungkinkan.

Bersikaplah memaafkan

Kami dapat memahami betapa stresnya bekerja dengan kolega yang mencoba menurunkan motivasi dan menghambat produktivitas Anda terus-menerus. Beberapa mungkin stres saat di bawah tekanan seperti itu dan yang lain mungkin bekerja ekstra keras untuk membuktikan bahwa mereka salah. 

Dalam kedua kasus itu, ketika itu menjadi ekstrem, Anda cenderung berakhir dengan melukai diri sendiri secara mental. Menjadi terlalu keras pada diri sendiri ketika orang-orang di sekitar Anda sudah bersikap keras, tidak akan membantu. Saat ini adalah waktu untuk menjadi kuat dan sedikit pemaaf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya