Tips Atasi Jerawat karena Sering Pakai Masker

Ilustrasi jerawat
Sumber :
  • Freepik/Tongpatong

VIVA – Salah satu tantangan yang harus dihadapi masyarakat di masa new normal adalah masalah kesehatan kulit. Dengan penggunaan masker sebagai alat pelindung diri dari penyebaran COVID-19, dapat menyebabkan jerawat dan berbagai iritasi kulit wajah.

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Dijamin Sembuh Seketika

Masalah ini terjadi lantaran ketika menggunakan masker, sirkulasi napas dan keringat yang menumpuk di sekitar masker dapat memicu kelembapan.

Kondisi lembap inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Kelembapan memicu terbentuknya tempat berkembang biak jerawat.

7 Trik Simpel Bikin Kulit Sehat Sekaligus Glowing, Lakukan dengan Rutin Ya!

Baca juga: Pahami Lagi, Ini Penyebab Munculnya Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Maka dari itu, penting untuk rutin menjaga kesehatan kulit. Scientific Engagement Skin Health Johnson & Johnson Asia Pacific, Dr. Siti Shahera Anwar menyebut, membersihkan wajah menjadi penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Sebab, membersihkan wajah dapat mengangkat semua kotoran yang menempel pada wajah.

Jelang Valentine Ramai di Media Sosial Penggunaan Basic Skincare, Seberapa Efektif Hasilnya?

Setelah itu, gunakan pelembap. Pelembab tidak hanya langkah penting dalam setiap rutinitas perawatan kulit. Tetapi dapat membantu menenangkan dan mencegah jerawat jika memilih formula yang tepat.

Untuk pelembab, Siti Shahera menyarankan untuk menggunakan yang mengandung humektan dan emolien. Humektan seperti asam hialuronat dikenal karena kemampuannya dalam menarik dan mempertahankan kelembaban seperti spons. Sedangkan emolien adalah lipid dan minyak yang dapat membentuk lapisan pelindung untuk mencegah kehilangan air dari lapisan terluar kulit.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Salah Cuci Masker Kain Bisa Picu Jerawat

Kedua bahan utama ini bekerja secara sinergis untuk menjaga keseimbangan pelindung kulit, terutama saat pelindung kulit terganggu akibat penggunaan masker.

Selain itu, kandungan gliserin pada produk kecantikan juga bisa dipilih karena dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit. Senyawa ini membuat kulit menyerap air dari udara, sehingga mengurangi kekeringan dan bercak kusam pada kulit. Gliserin juga  berfungsi menarik air dari udara dan membantu mempertahankan kadar air di kulit, juga menjaga keseimbangan air di kulit. 

Sejumlah kandungan tersebut dapat ditemukan pada Neutrogena Hydro Boost Serum dan Water Gel yang mampu melembabkan kulit yang kering, membuatnya tampak halus, terasa kenyal, serta terhidrasi dari hari ke hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya