3 Masalah Rambut Paling Sering Dialami Wanita Indonesia

Ilustrasi menata rambut/blow dry.
Sumber :
  • Pixabay/Jo_Johnston

VIVA – Rambut merupakan mahkota wanita Tak dapat dimungkiri, hal tersebut tentu membuat setiap wanita sangat memperhatikan bagian yang satu ini.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Tentu untuk memiliki rambut indah juga butuh perjuangan. Salah satu yang perlu diperhatikan ketika ingun memiliki rambut indah adalah dapat mengetahui jenis masalah rambut yang kamu miliki agar penanganannya tepat, sehingga rambut kamu menjadi sehat dan indah.

Baca Juga: Kondisi Rambut Ternyata Dapat Pengaruhi Psikologis Seseorang

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Lalu, apa saja masalah rambut yang umum terjadi pada wanita di Indonesia?

Berikut ini penjelasan dari Senior Hair Care R&D Manager Dove Indonesia, Yusuf Christina dalam virtual press conference Dove Super Class Launch ‘Ubah Stuck jadi super Kreatif’, Rabu, 9 September 2020.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

1. Rambut rontok

Rambut rontok merupakan rambut rusak yang dibiarkan. Penyebab dari rambut rontok bisa berasal dari lingkungan, pemakaian alat penata rambut, dan bahan kimia yang biasanya dipakai di rambut yang dipakai untuk proses pengeritingan atau pelurusan rambut dan pewarnaan.

Christina menjelaskan, pada rambut yang sehat lapisan kutikula atau lapisan pelindung terluar rambut kita tersusun rapi. Namun, ketika mulai rusak, lapisan kutikula mulai terangkat, didiamkan terus semakin terangkat sehingga lapisan dalam rambut mulai terekspos keluar dan mulai bercabang.

Ketika rambut bercabang itu didiamkan akhirnya rontok karena patah. Kutikula terangkat dan kulit kepala kering, gampang kusut dan kaku.

2. Ketombe

Rambut berketombe biasanya disebabkan oleh tiga faktor, yaitu jamur, produksi minyak yang berlebih, kerentanan individu.

"Pada saat pertahanan kulit kita lemah kemudian dapat serangan jamur atau produksi minyak berlebih biasanya terjadi peradangan atau inflamasi. Biasanya lapisan kulit menjadi kepala kering dan terasa gatal muncul lah ketombe," jelas dia.

3. Lepek

Lepek terjadi keringat dan kotoran menempel pada kulit kepala bisanya kalau tidak dibersihkan kemudian produksi minyak berlebih menyebabkan rambut menjadi lepek.

"Kalau lepek sebenarnya untuk mengatasinya dengan menjaga kebersihan rambut. Dalam sebuah studi menunjukkan rambut bersih akan bervolume dan tidak lepek. Jadi kalau mau keramas setiap hari untuk menjaga kesehatan rambut enggak masalah," ucap Christina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya