Bocoran Tribute to Barli Asmara di Jakarta Fashion Week 2021

Barli Asmara.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Tinggal dua hari lagi, tepatnya pada Kamis 26 November 2020, gelaran mode Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 akan dimulai. Acara fashion show tersebut, turut menghadirkan Tribute to Barli Asmara, sebagai penghormatan terhadap desainer Barli Asmara, yang sudah berpulang Agustus 2020 lalu. 

Kenang KRI Nanggala 402, NOAH Lantunkan Hymne “Wiratama Hiu Kencana”

Creative Director Barli Asmara, Leslie Tobing, mengatakan sangat semangat karena akhirnya bisa menunjukkan karya-karya Barli, terhitung sejak 2008 hingga sekarang. 

"Saya dihubungi oleh JFW kira-kira 12 Oktober 2020, kalo gak salah. Jadi, kita punya waktu untuk mempersiapkan. Tetapi, dengan adanya wadah ini kita memanfaatkannya sebaik mungkin untuk bisa menunjukkan karya-karya Barli. Dan nantinya juga kita menunjukkan bagaimana nanti Barli Asmara ke depannya," ujarnya dalam konferensi pers virtual Jakarta Fashion Week x Mandiri Private, Selasa 24 November 2020. 

Nocturnal Hours, Koleksi Terkini Barli Asmara

Mengenai konsep, nantinya fashion show Tribute to Barli Asmara dibagi menjadi dua sequence
 
"Sequence pertama menunjukkan archive karya-karya Barli itu yang mau kita lihat. Tim kita sendiri gak pernah liat bajunya, karena biasanya kita liatnya di buku dan semuanya disimpan di warehouse," tutur dia. 

Lebih jauh Leslie menjelaskan, archive-archive Barli Asmara yang akan ditampilkan pada sequence pertama, akan berpedoman pada buku Barli Asmara, berjudul 15 Tahun Berkarya, yang diterbitkan pada 2016, lalu. Menurut Leslie, itu merupakan karya-karya kebanggaan dari desainer tersebut. 

10 Kabar Kematian Artis Paling Mengejutkan di 2020

"Sequence yang kedua, kita ingin memberikan penghormatan kepada Barli tapi dengan cara yang celebrating, karena kita mau menunjukkan semangatnya. Karena Ka Barli itu sangat semangat, passionate. Jadi, kita terinspirasi dari itu dan bertemakan La Danza De La Vida, The Dance of Life, jadi kita ingin merayakan kehidupannya," kata dia. 

Menghadirkan karya dari desainer yang sudah menelurkan banyak karya tentu saja tidak mudah. Leslie bercerita, dia dan timnya harus membongkar beberapa gudang sambil melihat panduannya dari buku. 

"Jadi, kita benar-benar melihat ini koleksi yang di buku yang mana, ini koleksi yang tahun 2008, 2009, atau 2010. Beratnya lagi, karena ini archive yang sudah lama dari 2008, jadi ada baju-baju yang berjamur, kotor, dan ada yang sudah rusak. Sampai ada beberapa baju yang harus kita perbaiki, tapi semuanya untungnya berjalan lancar," tuturnya. 

Rencananya, fashion show Tribute to Barli Asmara akan menampilkan 24 look di masing-masing sequence. Mereka juga akan menghadirkan influencer modest wear, Vira Tandia, sebagai muse. 

"Vira Tandia itu akan mengisi sequence kedua, karena dia salah satu influencer modest wear kesayangannya Ka Barli. Karena kita udah koleksi kedua kolaborasi, karena Vira Tandia itu dianggap benar-benar merepresentasikan desain estetiknya Barli Asmara," tutup Leslie Tobing.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya