5 Langkah Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Ilustrasi wanita/rambut berwarna/cat rambut.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Pandemi COVID-19 membuat banyak orang harus membatasi aktivitas di luar rumah dan menghindari tempat umum yang banyak dikunjungi orang, termasuk ke salon. Karena itu, banyak yang memilih melakukan semua perawatan di rumah, salah satunya mewarnai rambut.

Pamer Rambut Baru Senilai Rp10 Juta, Mayang Lucyana Disentil Warganet

Sebelum memutuskan untuk melakukan pewarnaan rambut sendiri di rumah, simak dahulu tips berikut dari Miranda Hair Color.

Tes alergi

Rentan Kering dan Rusak, Begini Cara Tepat Rawat Rambut Diwarnai

Sebelum memulai proses bleaching dan pewarnaan, lakukan tes alergi 48 jam. Test alergi sangat dibutuhkan untuk memastikan kulit kita tidak mengalami iritasi terhadap produk pewarna yang digunakan. Lakukan dengan mengoleskan krim pewarna sedikit pada belakang telinga dan tunggu selama 48 jam. Jika tidak mengalami reaksi apapun dapat melanjutkan ke proses bleaching dan pewarnaan. 

Bleaching dahulu

Warga Korea Utara Akan Dihukum Tani Paksa Jika Mengecat Rambut atau Kenakan Pakaian Ketat

Langkah pertama untuk hasil yang sempurna, lakukan bleaching sebelum pewarnaan. Gunakan bleaching sesuai petunjuk pada kemasan. Bila perlu mengulangi bleaching, beri jarak minimal 1 hari. Pastikan bleaching tidak terkena kulit kepala untuk hindari iritasi. Untuk warna pastel, gunakan produk bleaching yang sesuai yaitu Miranda Super Blue Bleaching.

Pastikan jumlah pewarna rambut

Idealnya, pewarna rambut dengan ukuran 30ml dapat digunakan pada panjang rambut kira-kira 20cm, namun disesuaikan kembali dengan ketebalan dan tekstur rambut.

Lakukan pewarnaan bertahap

Bagi rambut menjadi empat bagian, dua di depan telinga dan dua di belakang, kemudian oleskan pewarna rambut dari depan ke belakang. Jangan lupa gunakan sarung tangan saat mengoleskan pewarna pada rambut. Dan saat mencampur pewarna rambut pastikan menggunakan mangkuk plastik sehingga tidak mengoksidasi pewarna dan menyebabkannya warna berubah.

Biarkan rambut tergerai dan beri kondisioner

Biarkan selama 20 menit atau sesuai petunjuk pada kemasan dalam kondisi rambut tergerai. Kemudian bilas rambut dengan menambahkan kondisioner hingga bersih dan tata rambut barumu.

Pada 13 Desember 2020, Miranda mengadakan Miranda Coloring Indonesia yang mengajak 1500 masyarakat Indonesia dari 34 provinsi yang teregistrasi untuk mewarnai rambut bersama-sama secara daring melalui zoom.

Aktivitas ‘Miranda Colouring Indonesia’ ini berhasil memecahkan Rekor MURI sebagai ‘Event mewarnai rambut secara daring dengan peserta terbanyak di Indonesia’. Penyerahan penghargaan dilakukan langsung di Jakarta dengan mengikuti protokol kesehatan oleh perwakilan MURI kepada Ria Kristianti selaku perwakilan dari Miranda.

"Miranda Colouring Indonesia menjadi satu tonggak bersejarah bagi kami, tak hanya karena kami berhasil mengumpulkan 1500 masyarakat Indonesia yang teregistrasi dari 34 provinsi untuk secara serentak mewarnai rambut bersama, namun juga memberikan penyemangat bagi kami di penghujung 2020," ujar Billy Hartono Salim, founder dan CEO PT Victoria Care Indonesia Tbk dalam keterangan tertulis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya