3 Bahan Alami Ini Cegah Kulit Kering karena Sering Cuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan.
Sumber :
  • Freepik/shayne_ch13

VIVA – 2020 sudah hampir berakhir, namun pandemi virus corona atau COVID-19 masih juga berlangsung. Meski vaksin sudah ditemukan, namun kita tetap tak boleh lengah.

Mahasiswa Universitas Jambi Ciptakan Sabun Cuci Piring dari Kulit Nanas

Menjalankan gaya hidup sehat masih sangat penting untuk dilakukan, di antaranya adalah menjaga kebersihan dan kesehatan tangan (hand hygiene) dengan menggunakan produk antibakteri.

Yang masih sering diabaikan adalah ketika menyentuh benda-benda yang sering kita gunakan setiap saat, seperti handphone, sepatu, gagang pintu, laptop, dan termasuk meja tempat kita bekerja. Itulah pentingnya mencuci tangan dengan air dan sabun.

Spons Pencuci Piring Bisa Sebabkan Keracunan, Kolera hingga Kelenjar Tiroid, Kok Bisa?

Atau, sesuai dengan anjuran WHO, menjaga kebersihan tangan dapat dilakukan menggunakan hand sanitizer ketika sabun dan air tidak tersedia.

"Dengan aktivitas sehari-hari, tanpa disadari atau tidak kuman dan bakteri tersebar di mana-mana. Bahkan dalam benda-benda yang kita sentuh setiap saat," ucap Nuri Handayani, Brand Manager Wardah Personal Care dalam peluncuran Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Series baru-baru ini.

Daftar Kebiasaan Sepele yang Bikin Rusak Cat Mobil

Nah, sering mencuci tangan, baik itu menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer bisa membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk itu, Kamu harus pintar-pintar memilih produk hand hygiene yang tepat. Salah satunya yang mengandung bahan-bahan alami.

Seperti kandungan tea tree oil natural yang dikenal memiliki efek antibakterial alami. Ditambah dengan micellar technology, produk hand hygiene secara lembut dapat mengangkat kotoran yang menempel di tangan.

Selain itu, bahan seperti aloe vera atau lidah buaya dan teh hijau juga tak hanya mampu mempertahankan kelembapan alami kulit, namun juga membuat tangan wangi menyegarkan.

Khusus untuk hand sanitizer, pastikan produk yang Kamu pilih mengandung antibakteri dengan kandungan 80 persen. Kandungan alkohol yang lebih tinggi berfungsi agar tetap bekerja efektif dalam kadar dosis aktif ketika kandungan alkohol menguap.

Agar kesehatan kulit tangan tetap terjaga, saat ini juga telah tersedia gel multifungsi di pasaran yang mampu melembapkan serta membantu merawat kulit yang kemerahan akibat iritasi dari polusi dan sengatan sinar matahari. Gel multiguna ini juga dapat digunakan sebagai pelembab dan masker merawat rambut, kuku hingga penggunaan after shave.

Sebagai informasi, bersamaan dengan diluncurkannya Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Series, brand kecantikan ini juga mendukung inisiatif Jaga Kesehatan, Kebersihan, Keamanan (J3K) yang digagas oleh Gojek.

Kolaborasi ini dilakukan untuk membantu melindungi dan memberikan rasa aman baik bagi mitra maupun pelanggan agar dapat tetap beraktivitas dan menjalani keseharian dengan produktif di tengah pandemi global COVID-19.

Sejalan dengan standar proteksi higienis serta sebagai upaya untuk mencegah berbagai penyebaran penyakit, kolaborasi ini melahirkan hygiene toolbox di sejumlah titik Zona Nyaman J3K yang tersebar di empat kota, yaitu Bekasi, Bali, Makassar dan Surabaya.

Hygiene toolbox terdiri dari hand wash station dan hand sanitizer standee yang ditempatkan di area fasilitas umum, seperti mal hingga taman kota. Dengan demikian, masyarakat dengan mudah dapat tetap menjaga kebersihan, termasuk mencuci tangan selama 20 detik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya