Hindari 5 Penyebab Wajah Kusam dan Berjerawat, Ini Tipsnya

Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • Freepik/benzolx

VIVA – Menjaga kesehatan kulit wajah butuh waktu dan biaya yang tidak murah. Meski sudah banyak produk perawatan wajah yang terjangkau, produk yang dipakai pun tak cukup hanya satu saja.

Mulai Perjalanan Skincare dengan Retinol: Tips Essensial untuk Pemula

Pemakaian skincare rutin juga disarankan menggunakan tahapan produk yang benar. Biasanya produk skincare paling dasar adalah facial wash, toner, serum dan pelembab.

Merawat kesehatan kulit wajah tidak semata hanya memakai skincare rutin saja, tetapi juga dijaga dari luar. Kamu perlu tahu apa saja penyebab wajah mudah berjerawat dan kusam. Hal ini penting kamu ketahui agar bisa menghindari penyebab permasalahan kulit wajahmu. Berikut ulasannya.

Jangan Dipaksa, Ini 5 Tanda Skincare Tak Cocok di Wajah

Paparan Sinar Matahari
Paparan sinar matahari tidak baik untuk kesehatan wajah, sebab akan menyebabkan penuaan dan wajah menjadi gelap. Jangan salah, paparan matahari tak hanya dari luar saja tetapi dalam ruangan pun bisa terkena.
Makannya, pemakaian sunscreen juga wajib meskipun berada dalam ruangan. Kamu juga bisa memilih pelembab yang mengandung SPF.

Malas Mencuci Wajah Sebelum Tidur
Orang-orang sering mengabaikan poin ini hanya karena malas. Padahal, setelah seharian penuh beraktifitas, wajah akan menempel banyak kotoran. Apalagi rahasia kulit bebas kusam dan jerawat? Simak di halaman berikut.

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Radikal bebas bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit wajah, tak terkecuali jerawat. Maka, bersihkan wajah menggunakan micellar water dan mencuci dengan facial wash.

Kamu bisa mencoba facial wash yang mampu menghilangkan kotoran di wajahmu. Produk skincare ini  juga efektif menghilangkan jerawat dan mencerahkan wajah. Jadi, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu produk.

"Produk skincare ini dapat mengatasi masalah kulit kusam dan jerawat pada wajah. Mengandung komposisi dari bahan alami sehingga aman dipakai dan sudah terdaftar di BPOM," ujar Hanafi, pemilik produk Skincare Hade Beauty @Hadebeautyofficial.

Tidak Cocok dengan Produk Skincare
Wajah kusam dan jerawat bisa muncul akibat ketidakcocokan produk skincare. Pemilihan produk perawatan wajah juga harus disesuaikan dengan tipe kulit.

Perhatikan komposisi apa saja yang tak bisa diterima oleh tipe kulitmu. Usahakan pilih produk skincare yang bisa mencerahkan dan menyembuhkan jerawat serta bisa memberikan efek menenangkan dan sensasi sejuk saat diaplikasikan ke wajah. Dengan demikian, penggunaan skincare ini bisa sekaligus memberikan sensasi rileksasi. Berikutnya HP bisa jadi penyebab kulit kusam, kenapa?

Handphone Kotor
Nah, poin satu ini banyak yang tidak menyadari pentingnya membersihkan ponsel. Sebab, smartphone menjadi salah satu sarang bakteri karena sering dipegang dan diletakkan dimana-mana.
Ponsel yang kotor itu akan menempel pada pipi saat menerima panggilan, akhirnya menyebabkan wajah berjerawat. Mulai sekarang, bersihkan ponsel kamu atau gunakan ear phone saat menerima panggilan.

Penggunaan Make-up
Seperti produk skincare, pemakaian produk make-up juga cocok-cocokan. Bila tak bisa diterima oleh jenis kulit wajah, maka akan menimbulkan masalah.

Maka, baiknya pilih produk make-up yang tidak membuat kulit meronta-ronta. Bila wajahmu terdapat jerawat, jangan lupa aplikasikan obat jerawat sebelum menggunakan make-up.

Pemilik wajah berjerawat sebaiknya pilih produk make-up yang tidak mengandung minyak dan tidak menyebabkan komedo. Langsung bersihkan segera bila riasan make-up tak lagi dibutuhkan.

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya