Sekolah Belum Dibuka, 5 Tips Ini Bantu Belajar Online Lebih Efektif

Ilustrasi belajar online.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Rencana pembukaan sekolah tatap muka di Indonesia tampaknya harus tertunda kembali. Pasalnya, dalam upaya menekan angka penambahan kasus Covid-19 di Indonesia yang terus naik, Pemerintah Indonesia memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku sejak 11 Januari - 25 Januari 2021.

Sah! Jokowi Teken Perpres Publisher Rights, Harap Keberlanjutan Industri Media

Sama seperti PSBB, aturan dalam PPKM pun masih mengharuskan proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Hal ini juga yang membuat salah satu platform belajar online Superprof terus mengembangkan metode belajar online yang nyaman baik bagi orang tua, murid dan juga guru.

Meski harus diakui juga sekolah online pun memiliki beberapa tantangan seperti misalnya, kurangnya konsentrasi para murid saat belajar, para murid yang mudah bosan karena suasana belajar mengajar yang kurang kondusif serta manajemen waktu yang harus dipikirkan baik bagi orang tua dan juga murid.

Apresiasi Konsumen untuk Tingkatkan Loyalitas

Sehingga, meskipun sekolah online bukan pilihan yang paling ideal bagi orang tua dan murid, namun dalam situasi pandemi virus Corona yang masih terjadi di Indonesia, belajar online tentu menjadi pilihan terbaik.

Nah, agar proses belajar online dapat berjalan dengan lebih efektif dan menyenangkan bagi para murid dan orang tua, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Seorang Wanita Alami Halusinasi Parah Gara-gara Main Medsos

1. Tentukan jadwal belajar

Proses belajar memang berpindah dari sekolah ke rumah, namun bukan berarti jadwal belajar menjadi berantakan. Tetaplah belajar sesuai dengan jadwal. Namun kali ini jadwal nya bisa disesuaikan dengan kebutuhan murid. Misalnya :

Pukul 8.00 – 8.40 : Bahasa Inggris

Pukul 8.40 – 9.20 : Matematika

Pukul 9.20 – 10.00 : Bahasa Mandarin

Pukul 10.00 – 10.30 : Istirahat

Pukul 10.30 – 11.10 : Mengaji

Dengan menentukan jadwal, proses belajar akan menjadi lebih fokus dan efektif

2. Ruang yang nyaman untuk belajar

Suasana belajar menjadi hal yang penting untuk bisa belajar dengan baik. Dengan ruangan yang mendukung murid untuk belajar dengan nyaman, hal tersebut tentunya bisa membantu proses pembelajaran yang lebih fokus.

3. Cari gaya belajar yang nyaman dan sesuai

Tiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Nah, karena ini bukan belajar di sekolah, jadi kita bisa menyingkirkan aturan-aturan yang bersifat baku. Anda bisa membantu anak mencari gaya belajar yang membuat mereka nyaman. Tanyakan pada anak, hal apa yang bisa membuat mereka nyaman saat sedang belajar online dan selagi itu tidak mengganggu konsentrasi mereka, ijinkan anak menikmati gaya belajar yang mereka senangi.

4. Cari guru yang tepat dan kompeten

Untuk belajar hal baru atau ingin meningkatkan prestasi akademik murid di sekolah, para orang tua tidak bisa mengandalkan 100% guru-guru di sekolah, dikarenakan banyak murid yang harus diurusi oleh para guru tersebut. Oleh karena itu, mencari guru yang tepat untuk belajar adalah hal penting.

Salah satu media yang bisa digunakan untuk mencari guru adalah Superprof. Superprof menyediakan banyak pilihan guru yang tersebar di seluruh Indonesia yang bisa Anda cari sesuai dengan subjek pelajaran yang dibutuhkan, baik akademis maupun non-akademis dengan profil yang berbeda-beda.

Kebanyakan guru di Superprof bersedia mengajar secara online, meski demikian ada juga guru yang bersedia untuk mengajar secara tatap muka, yakni dengan datang ke rumah murid. Tapi mengingat situasi pandemi seperti sekarang, jika ingin guru datang ke rumah, protokol Kesehatan pun harus dijaga dan diterapkan dengan baik.

Contohnya dengan memakai masker dan sarung tangan sekali pakai selama mengajar. Papan tulis kecil / sedang juga bisa menjadi alat untuk menunjang proses mengajar sehingga jarak tetap terjaga antara guru dan murid.

Memilih guru dan subjek pelajaran di Superprof pun bisa dilakukan dengan mudah. Langkah pertama yaitu mencari dan mengecek profil guru yang dibutuhkan, kemudian ajukan reservasi kursus dan lakukan pendaftaran di Superprof, ketika guru yang dipilih sudah menerima permintaan kursus dari Anda, Anda dapat membuat jadwal sesuai dengan waktu yang Anda inginkan, dan mulailah pengalaman baru belajar online bersama Superprof.

Selain proses pencarian guru yang mudah, keuntungan lain ketika mendapatkan guru di Superprof adalah, para orang tua bisa mengontrol kegiatan belajar mengajar di rumah secara langsung.

Selain itu, para orang tua bisa langsung meng-evaluasi perkembangan belajar anak dengan guru yang dipilih, dengan cara langsung mendiskusikan dengan sang pengajar setelah kursus selesai. Dengan ini, para orang tua akan mendapatkan evaluasi yang kredibel dari sang guru langsung.

5. Olahraga

Last but not least. Biasakan juga untuk mengajak dan mengingatkan anak untuk berolahraga. Karena belajar di depan laptop atau komputer tentu sangat menjemukan. Mengalokasikan waktu untuk berolahraga merupakan ide yang bagus, bukan saja untuk menjernihkan pikiran, olahraga rutin juga bisa membantu menjaga kesehatan yang dapat meningkatkan imun tubuh di masa pandemi ini. Pilihlah jenis olahraga ringan dan menyenangkan untuk anak agar mereka tetap merasa happy.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dicoba oleh para orang tua agar proses belajar online dari rumah untuk anak tidak membosankan, justru menjadi nyaman dan menyenangkan bagi mereka. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya