Dukung Green Fashion, Denim Pun Didesain Ramah Lingkungan

The Bespoke Fashion Consultant
Sumber :
  • The Bespoke Fashion Consultant

VIVA – Saat ini gerakan fashion yang mengutamakan materi minim limbah, ramah lingkungan dan juga berkomitmen untuk industri mode berkelanjutan, adalah sebuah movement yang membutuhkan kontribusi berbagai pihak pelaku industri, produsen, customer hingga para pembuat kebijakan. 

Menciptakan Produk Berkelanjutan Bukan soal Ramah Lingkungan Saja

Sustainable fashion menjadi bagian penting dalam misi The Bespoke Fashion Consultant dalam membangun ekosistem fashion yang lebih hijau. Salah satu yang menjadi concern adalah mengenai The art of Sustainability Denim, mulai dari proses awal dari kapas organik dipintal menjadi benang hingga menjadi bahan baku jadi untuk dilempar ke pasaran. 

Dalam webinar TBF Business Summit ke-3, Direktur PT.Grandtex Indonesia, Albert Tjandra, mengatakan, item fashion denim merupakan outfit yang timeless dan selalu terlihat fashionable saat dipadupadankan dengan berbagai item

Membudayakan Gaya Hidup Ramah Lingkungan dengan Panel Surya

Menurut dia, sebagai sebuah ikon fashion, denim yang saat ini digunakan bukan sekadar style saja melainkan benda mode yang memiliki 'nilai', di mana material organik yang digunakan ramah lingkungan dan tentunya membuat ekosistem lebih hijau.

"Sebagai unit produksi industry textile, kami akan selalu mendukung nilai-nilai sustainability dari keseluruhan proses. Mulai dari penggunaan bahan baku ramah lingkungan, rantai proses hijau yang dikembangkan dan hasil olahan limbah yang  mendorong arah recylcling dan circular process," ujarnya saat webinar bertema The Art of Sustainability Denim, baru-baru ini. 

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Sementara itu, CEO dan Founder TBF Consultant, Melinda Babyanna, mengatakan, TBF Business Summit 3 kali ini mengupas mulai dari alur proses produksi hingga menjadi bahan yang siap untuk memasuki market industri fashion. 

"Denim merupakan bisnis ritel yang digemari berbagai kalangan tetapi juga paling banyak menyumbangkan limbah kepada lingkungan. Oleh sebab itu, sesi webinar ini untuk mengedukasi bahwa konsep sustainable fashion sangat relate dengan kondisi bumi saat ini. Di mana kita harus berpikir secara konseptual dengan idealisme real untuk bumi yang lebih baik dengan konsep sustainable fashion," tutur dia. 

Donna Priadi, Founder Kind Denim, yang akan di-launching pada 5 Februari 2021, juga berkomitmen penuh untuk mengusung konsep sustainability dengan siklus product yang ethical, sustainable, eco-friendly dan kind.

"Bumi kita butuh kontribusi semua pihak untuk bisa membangun sebuah ekosistem yang friendly dan green. Kami berkomitmen untuk menghijaukan ekosistem lokal. Fashion bukan saja sebuah style tapi sebuah pemikiran yang akan membuat para pelakunya menjadi agen perubahan," kata Donna Priadi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya