Cegah Rambut Rusak, Yuk! Kenali Penyebab dan Cara Merawat yang Tepat

Program Sehat Realfood.
Sumber :

VIVA – Baik bagi pria dan perempuan, rambut bak mahkota yang memberikan dampak besar bagi penampilan. Bahkan, tidak sedikit orang menilai penampilan dari cara seseorang merawat dan menata rambutnya.

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Namun, tahukah kamu meski terlihat mudah-mudah saja, nyatanya diperlukan pengetahuan dan cara yang tepat dalam merawat rambut agar tetap sehat dan tidak rusak, lho. Pasalnya, tidak sedikit dari kita yang mengalami permasalahan rambut, seperti rambut kering, kusam, rontok, bercabang, berketombe, sulit diatur, hingga kebotakan dini. 

Semua permasalahan rambut tadi jika tidak ditangani dengan tepat, bisa berlangsung lama dan akhirnya bisa sangat mengganggu penampilan kamu.

Percayakan Manfaat Jahe untuk Pertumbuhan Rambut Sehat Secara Alami

Nah, sebelum kita membahas bagaimana menangani permasalahan rambut tadi, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami terlebih dahulu soal apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Dikutip dari healthline, ada tiga hal yang menyebabkan kerusakan pada rambut. Pertama yaitu karena faktor yang bersumber dari mekanikal, kedua dari lingkungan dan ketiga dari bahan kimia. Kerusakan yang bersumber dari mekanikal, contohnya yaitu seperti cara keramas, mengeringkan rambut hingga menyisir.

Jalani Transplantasi Rambut, Piyu Buat Banyak Orang Terkejut

Mengapa demikian? Alasannya, karena saat keramas, orang sering menggosok kulit kepala terlalu kencang. Hal ini menyebabkan pola kutikula jadi lebih berantakan sehingga terasa kasar. Begitu juga saat proses pengeringan rambut dengan hair dryer, alat catok ataupun pemakaian pomade untuk pria.

Jika dilakukan secara sering, akan menyebabkan rambut kasar dan kering, karena hilangnya minyak alami rambut oleh penggunaan alat-alat pemanas tadi.

Kemudian, faktor kedua, yaitu dari lingkungan. Faktor kedua ini sering terjadi saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Contohnya, yaitu berada di ruangan ber-AC, udara yang kering, ataupun cuaca laut atau terkena air laut dengan kadar garam yang tinggi. Hampir tak disadari, namun juga dapat menyebabkan rambut rusak.

Dan poin terakhir yang dapat menyebabkan kerusakan rambut, yaitu penggunaan bahan kimia untuk rambut.

Penyebab kerusakan rambut karena bahan kimia menjadi penyebab kerusakan rambut paling parah dibanding dua faktor sebelumnya. Penggunaan bahan kimia untuk rambut ini contohnya seperti bleaching, pengeritingan, ataupun highlight dan pewarnaan. 

Meski jarang dialami, namun kamu tetap harus hati-hati dalam memilih produk kimia untuk rambut.

Lantas, upaya apa saja yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki atau merawat rambut kamu yang rusak? Berikut beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk merawat rambut kamu.

1. Kerusakan rambut akibat alat pemanas

Jika kamu termasuk orang yang sering menggunakan alat pengering atau penata rambut seperti hair dryer ataupun alat catok, ada baiknya kamu lebih memerhatikan cara kamu menggunakan alat-alat tersebut. Cara yang dianjurkan, yaitu:

  • Menggunakan hair dryer dari jauh dengan jarak 15 cm (sekitar enam inci) dari rambut kamu dan menggerakkan pengering rambut terus menerus dapat membantu mengurangi kerusakan.
  • Menggunakan produk perlindungan panas. Produk ini dimaksudkan untuk membantu melindungi rambut dan mencegah rambut bercabang.
  • Menggunakan minyak kelapa. Minyak tropis ini memiliki molekul yang cukup kecil untuk menembus kutikula luar dan melembabkan dari dalam ke luar.

2. Kerusakan rambut bercabang

Rambut bercabang terjadi salah satunya yaitu karena kamu terlalu lama tidak memotong rambut. Lakukan upaya ini agar rambut bercabang kamu hilang dan kembali sehat.

  • Memotong rambut dapat menghilangkan ujung rambut kamu yang kering dan rusak. Penata rambut kamu juga dapat membantu memutuskan berapa lama kamu harus memotong dan merapikan kembali rambut kamu.
  • Menggunakan perawatan masker rambut atau kondisioner. Masker rambut tidak bisa menghasilkan keajaiban, tetapi masker rambut bisa membantu melindungi dari ujung rambut bercabang.
  • Kamu bisa melakukan perawatan rambut yang baik untuk mencegah kerusakan sehingga rambut kamu tampak hebat saat kamu memotong rambut lebih lama.

3. Kerusakan akibat pewarnaan

Jika kamu termasuk yang sering mengganti warna rambut, ada baiknya kamu juga lebih perhatian dengan cara kamu merawat rambut kamu. Pasalnya, pewarna kimia dapat menghilangkan kelembaban alami rambut, hingga dengan cepat membuat rambut halus menjadi kasar saat disentuh. Sehingga dibutuhkan perawatan dan perhatian ekstra agar rambut kamu tetap sehat meski diwarnai. Apa saja yang perlu kamu lakukan?

  • Jangan terlalu sering mencuci rambut.
  • Pilih dan gunakan sampo yang diformulasikan untuk rambut yang diwarnai.
  • Bilas sampo dan kondisioner dengan benar, yaitu dengan menggunakan air dingin. Air panas dapat menyebabkan kutikula terbuka, atau terangkat.
  • Gunakan minyak zaitun. Minyak juga sangat populer dalam perawatan rambut. Minyak zaitun, khususnya, bisa membantu melembutkan rambut dan mengisi kembali kelembaban yang sangat dibutuhkan.

Nah, selain melakukan upaya-upaya seperti yang disebutkan di atas, kamu juga bisa menjaga kesehatan rambut dengan cara mengikuti Program 12 Hari Realfood Hair Power untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Program Hair Power merupakan merupakan semi concentrated yang menghasilkan tekstur yang lebih cair. Fit With Realfood Hair Power merupakan program kesehatan 12 hari Realfood yang diformulasikan khusus diantaranya mengandung sarang burung walet, diperkaya dengan aloe vera dan kolagen sapi.

Manfaat Realfood Hair Power di antaranya membantu mengurangi rambut rontok, membantu menstimulus pertumbuhan rambut, membantu menutrisi rambut agar tidak kering, membantu melembutkan, membuat rambut lebih berkilau, hingga membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

Selain itu, Realfood Hair Power juga mengandung Epidermal Growth Factor (EGF) pada Hair Power juga membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.

Vitamin A pada esktrak lidah buaya mencegah rambut kering dan mencegah kebotakan, Vitamin C dan Zinc pada esktrak lidah buaya berperan menguatkan akar rambut dan mengurangi kerontokan rambut, Vitamin E pada esktrak lidah buaya membantu melembutkan dan membuat rambut tampak berkilau.

Tidak hanya itu, agar kesehatan rambut dan tubuh kamu juga terjaga dengan baik, kamu juga bisa mengonsumsi makan-makanan yang kaya akan nutrisi, seperti Program 12 Hari Realfood Hair Power.

Program sehat Realfood merupakan program sehat yang diformulasi dengan berbagai kandungan bermanfaat seperti sarang walet dan berbagai bahan alami lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Kamu bisa mengikuti beragam program sehat Realfood sesuai dengan kebutuhan kamu.

Beberapa program sehat Realfood diantaranya, yaitu Realfood Bright Sight, Realfood Stay Fit, Realfood Forever Young, Realfood Forever Young+, Realfood Wonder Mom, Realfood Royal Wellness, Realfood Pure Wellness, Realfood Ever Glow, dan Realfood Ever Glow+.

Untuk diketahui juga, program sehat Realfood tidak menggunakan Bahan Pengawet, Pemanis Buatan, dan Pewarna. Produk Realfood disupervisi oleh ahli gizi dan nutrisi yang berpengalaman. Sehingga program sehat Realfood aman untuk dikonsumsi karena diproduksi di fasilitas produksi yang modern dan steril sesuai dengan standar ISO 22000, BPOM dan Halal.

Jadi, setelah mengetahui cara pencegahan rambut rusak, siap sambut rambut berkilau bersama Program 12 Hari Realfood Hair Power!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya