Menguak Fakta Soal Rambut Rontok yang Banyak Dikeluhkan Wanita

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Rambut tipis dan sulit diatur terkadang membuat para wanita menjadi kurang percaya diri, sering merasa malu, dan menutup rambutnya dengan topi atau aksesoris rambut. 

Detik-detik Pengemudi Zenix Lawan Arah di BSD, Diingatkan Malah Marah

Demi tampil maksimal untuk mendapatkan rambut tebal dan kuat impiannya, seringkali para wanita meluangkan lebih banyak waktu seperti pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan rambut agar terlihat lebih tebal.

Tak cuma itu, yang lebih bahayanya lagi, banyak perempuan yang lalu menjadi khawatir dan memutuskan untuk mengurangi frekuensi keramas dan berharap itu akan juga mengurangi kerontokan rambut. Padahal solusi untuk rambut rontok bukannya berhenti membersihkan rambut tapi merawatnya agar tidak rontok saat keramas.

Viral! Penampakan Buaya di Kecamatan Medan Labuhan, Ini Kata Camat

Solusi terbaik untuk rambut rontok adalah dengan menutrisinya agar kuat dan sehat. Dikutip dari laman Pantene, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang cara mengatasi rambut rontok. Berikut tipsnya dan fakta-fakta terkait rambut rontok.

Rambut Rapuh
Rambut rontok saat keramas biasanya disebabkan karena rambut tersebut sudah lemah dan rapuh terlebih dahulu karena berbagai hal (faktor lingkungan dan faktor personal). Berikut adalah beberapa tips untuk menanggulangi kerusakan rambut yang kita alami setiap hari.

Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling

Berhenti Bersihkan Rambut
Reaksi umum saat mendapati rambut rontok saat keramas adalah dengan mengurangi frekuensi keramas. Padahal keramas itu penting untuk kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala. Justru dengan mengurangi frekuensi keramas, akan semakin banyak rambut yang rontok. Ini alasannya:
1. Saat rambut tidak dicuci, semua sebum, sel kulit mati, kotoran, dan tumpukan residu produk akan membuat rambut menjadi kusam dan membebani rambut, berujung pada lebih banyak lagi rambut rontok.
2. Saat rambut tidak dicuci, hal itu akan membuat lingkungan yang ideal bagi ketombe untuk muncul, yang menyebabkan kamu akan menggaruk-garuk kepala karena gatal. Dan hal itu tidak sehat untuk rambut dan kulit kepala apalagi kalau kamu sedang mengalami masalah rambut rontok. Di kasus-kasus ekstrim, ketombe bahkan bisa menyebabkan rambut rontok.

Keramas dengan shampo yang baik adalah cara utama menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dari sel kulit mati, minyak, sebum, dan kotoran-kotoran yang bisa menyebabkan ketombe dan masalah rambut lainnya. Gunakan shampo yang tepat untuk melawan gejala rambut rontok. Pilih yang bisa menebalkan dan menguatkan rambut atau yang membantu memberikan volume untuk rambut yang menipis. Shampo anti-rontok biasanya sudah meliputi semuanya. 

Makan Sehat
Rambut yang sehat berasal dari asupan gizi dan protein yang sehat pula. Menjaga asupan makanan yang baik sangat penting untuk memperbaiki kondisi dan merangsang pertumbuhan rambut dari dalam. Selain itu, kamu juga perlu perlindungan dan dukungan dari luar agar rambutmu semakin kuat.

Kesimpulannya, rambut rontok saat keramas itu normal, kok. Dan hal itu bisa dengan mudah diatasi jika rambutmu kuat, sehat, dan ternutrisi. Walaupun ada beberapa faktor seperti genetik dan hormon yang tidak bisa diatasi oleh shampo dan kondisioner, namun dengan menjaga kesehatan dan kekuatan rambut, kamu bisa menangkal berbagai faktor penyebab rambut rontok yang biasa kita hadapi sehari-hari. Jadi jangan khawatir lagi, dengan mengikuti langkah di atas, kamu tetap bisa rutin keramas sambil tetap menjaga rambut kamu bersih, kuat, indah, dan anti-rontok.

ASMR Rambut Sehat
Pernahkah kalian mendengar suara rambut maksimal tebal dan kuat impian kamu? Ada lo, video ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) Suara Rambut Maksimal yang ditayangkan di youtube Pantene Indonesia. Video ASMR tersebut menunjukkan bahwa ternyata rambut maksimal bisa kita rasakan dari suaranya. Di dalam video tersebut terlihat Maudy Ayunda mengibas rambut maksimalnya yang tebal dan kuat yang bisa didengar saat disisir oleh tangannya.

Leat rilis yang diterima VIVA dijelaskan, video ASMR Rambut ini pertama kali hadir di Indonesia yang digagas dan dibuat oleh Pantene Indonesia yang ingin menunjukkan bahwa suara rambut maksimal bisa membuat wanita menjadi lebih percaya diri dalam menjalani hari dan mengejar impian yang mereka inginkan. Video ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) Suara Rambut Maksimal yang dibintangi Maudy Ayunda ini sudah ditonton oleh lebih dari 2 juta penonton dalam 10 hari penayangan. 

Video tersebut telah mendapatkan komentar positif dari para penonton, beberapa diantaranya sebagai berikut: 

“Suara angin” – Fitri Sukma
“Berasa dibisikin” – Rahma Elyunusiah
“Pinter banget bikin iklan” – Nbl Rizq
“Diputer berkali-kali padahal iklan bukan video clip” – Bintang Multimedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya