Daun Kelor Hingga Jamur Putih, 4 Bahan Alami Ini Bikin Kulit Glowing

Daun kelor atau moringa
Sumber :
  • pixabay/ Iskandar63

VIVA – Kulit sehat dan cerah jadi dambaan banyak wanita. Tapi, kalau ingin memiliki kulit cantik sepanjang masa, tentu kamu harus merawat diri. Menggunakan bahan-bahan alami ternyata juga bisa membantu kamu mewujudkan impian punya kulit cerah, sehat dan glowing. 

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Di alam, banyak sekali tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Bahkan di dalam industri kecantikan, bahan-bahan alami ini sering dipakai dan diambil ekstraknya untuk pembuatan produk-produk kecantikan

Bahan alami apa saja yang sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

1. Daun Kelor
Dari tayangan Hidup Sehat di tvOne, Daun Kelor atau Moringa Ilefera sangat berfungsi sebagai antioksidan dan memberi nutrisi. Kandungan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh, membuatnya dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit. Kelor juga kadang-kadang diterapkan langsung ke kulit sebagai pembunuh kuman atau zat pengering (astringent). Ini juga digunakan secara topikal untuk mengobati kantong infeksi (abses), kaki atlet, ketombe, penyakit gusi (radang gusi), gigitan ular, kutil, dan luka. Bahkan di India dan Afrika daun kelor dimanfaatkan untuk memerangi kekurangan gizi. Daunnya, bisa dimasak seperti bayam.

2. Kunyit
Kunyit atau curcuma longa seperti dikutip laman Klikdokter memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Mulai dari mencerahkan kulit, menghilangkan bekas jerawat karena sifat Sifat antiradang yang dimiliki kurkumin pada kunyit dapat pula memperbaiki struktur pori-pori wajah. Selain itu, kunyit juga memiliki kandungan antioksidan dan antiradang yang bisa mengendalikan gejala psoriasis di wajah. Yang terpenting juga, kunyit bisa melembabkan kulit serta menurunkan risiko kanker kulit. 

Diskon Besar Produk Kecantikan di Jakarta Lebaran Fair

3. Jamur Putih
Jamur putih atau albatrellus ovinus seperti dikutip laman Healthline, merupakan bahan alami yang rendah kalori serta mengandung banyak nutrisi. Satu cangkir jamur putih sebanyak 96 gram berisi 21 kalori, 3 gram karbohidrat, 1 gram serat, 3 gram protein, 0 gram lemak, 33 persen kebutuhan vitamin D harian, 16 persen kebutuhan selenium harian, 12 persen kebutuhan fosfor harian, dan 4 persen kebutuhan folat harian. Untuk kecantikan, jamur putih bermanfaat sebagai probiotik dan menguatkan skin barrier.

4. Lidah Buaya
Dikenal juga dengan istilah aloe vera, sempat dibahas lewat acara Hidup Sehat tvOne, lidah buaya dijelaskan berperan sebagai antibakteri juga dan bersifat mengeksfoliasi kulit. Hal tersebut baik untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati agar wajah kembali cerah. Tak cuma itu, lidah buaya juga bisa memberikan efek menenangkan dan melembabkan kulit. 

Saat ini, banyak produk kecantikan menggabungkan empat bahan alami kaya nutrisi ini untuk menciptakan produk kecantikan. Evershine Moringa Soothing Gel salah satunya. Bahkan baru-baru ini, produk kecantikan ini mendapatkan penghargaan pertama di Indonesia yang diberikan oleh Trus N Co Indonesia bekerja sama dengan media Infobrand.id. 

"Kami percaya bahwa Moringa adalah kandungan terbaik dari alam yang membawa begitu banyak fungsi dan memberi sejuta manfaat bagi kulit sehat. Dan kami mengerti bahwa kulit adalah salah satu bagian berharga bagi semua orang," ujar CEO Evershine, Mery lewat rilis yang diterima VIVA.

Dengan adanya penghargaan ini, Mery berharap dapat menjadi motivasi para Petani Kelor di Indonesia, untuk terus menghasilkan lebih banyak lagi karya besar. Serta terus menciptakan dan menemukan keistimewaan lainnya mengenai Moringa (kelor). 

Produk dengan bahan baku daun kelor

Photo :
  • Evershine
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya