Abena Appiah Raih Mahkota Miss Grand International 2020, Siapakah Dia?

Abena Appiah, Miss Grand International 2020
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Abena Appiah dinobatkan sebagai peraih mahkota Miss Grand International 2020. Dia berhasil mengalahkan kontestan asal Indonesia, Aurra Kharishma. Bagi para peminat kontes, mungkin tak asing dengan sosok Abena Appiah. 

Ivan Gunawan Resmi Buka Pendaftaran Miss Mega Bintang Indonesia 2023, Simak Syaratnya

Seperti apa profilnya dan perjalanan karier Abena Appiah? Yuk simak profilnya seperti dikutip laman Rappler. 

Seperti diketahui, sebelum meraih mahkota Miss Grand International 2020, Abena Appiah ternyata pernah juga ikut dalam kontes kecantikan, Miss Grand USA pada Juli 2020 lalu. Wanita cantik berusia 27 tahun itu, belum lama ini juga sempat menghibur orang Filipina ketika dia berkompetisi di kontes Miss Earth.

Perlakuan Teuku Ryan ke Ria Ricis, Juara Miss Grand International 2021

Abena, yang memiliki nama panjang Evelyn Abena Appiah ialah perwakilan Ghana untuk kontes yang berbasis di Manila pada tahun 2019. Dia pertama kali menarik perhatian semua orang ketika klip wawancaranya dengan ABS-CBN menjadi viral.

Dalam klip tersebut, Abena membacakan baris yang menjadi pokok dalam rutinitas komedi di negara tersebut. “Ang batang malakas kumain ... ay laging may gana (Anak yang makan enak memiliki nafsu makan yang baik)!” katanya kemudian. 

Wakil RI Sophia Rogan Tembus Top 10 Miss Grand International 2021

Gana, dalam bahasa Filipino artinya nafsu makan. Itu diucapkan dengan cara yang sama di Ghana.

Dia kemudian meningkatkan keterampilan komedi Filipina-nya dengan mengakhiri jawabannya atas pertanyaan tentang konservasi air dengan kalimat, "Gumamit ng tabo, timba di palang-ghana!" (Secara harfiah: Gunakan gayung, ember, dan baskom!)

Terapis Musik

Maju di ajang Miss Grand International, profil singkat Abena sempat dijelaskan sebagai terapis musik yang menangani anak-anak berkebutuhan khusus. 

“Saya memanfaatkan musik sebagai bentuk terapi yang membimbing mereka untuk mempelajari kecakapan hidup,” ujarnya. 

Tapi tak hanya itu profilnya. Dia juga memiliki pengalaman lain. Abena juga dikenal sebagai seorang pramugari yang spesialisasinya membantu anak-anak mengatasi ketakutan mereka untuk terbang melalui simulasi penerbangan.

Dia juga bekerja sebagai manajer kasus di sebuah perusahaan mediasi dan arbitrase dan, di Ghana, dia menjalankan sekolah yang membantu wanita muda mengembangkan keterampilan untuk industri hiburan. Dia bilang dia berencana untuk bergabung dengan sebuah cabang di AS pada akhirnya.

“Tujuan akhir saya adalah untuk menciptakan sebuah organisasi yang membantu individu merasa percaya diri setelah menderita intimidasi parah,” kata Abena.

Abena pun pernah mewakili Ghana di kompetisi Miss Universe 2014 dan tahun sebelumnya, berkompetisi di kompetisi Top Model of the World. Pada 2016, ia memenangkan kontes Queen Beauty Universe pageant.

Dalam postingan sebelum kontes 2016, Abena sempat mengungkapkan tentang perundungan dan pelecehan yang dia derita, dari para pendidik dan bahkan rekan kerja. Dia mengatakan pelecehan itu membuatnya meragukan kemampuannya sendiri.

“Saya kehilangan kepercayaan diri dan berpikir saya tidak dapat melakukan apa-apa, sedikit yang saya tahu bahwa saya ditakdirkan untuk membuat sejarah. Orang Ghana pertama yang memenangkan kontes internasional yang menempatkan negaranya di peta internasional. Saya sekarang tahu bahwa semuanya mungkin selama Anda percaya dan bertekad untuk mencapainya, tidak ada yang bisa menghentikan Anda," katanya berbagi motivasi.

Motivasi

Tiap orang, katanya ditakdirkan untuk menjadi dirinya sendiri. "Ketahuilah bahwa langit adalah batas Anda, teruslah maju,  ingat jangan menyerah ketika Anda gagal ... bangkit dan coba lagi,” katanya.

Keyakinan dan pengalaman Abena dalam berkompetisi secara internasional terlihat jelas pada malam final Miss Grand International 2020, pada 27 Maret 2021 lalu. Bagian dari pidatonya dan tanggapan Tanya Jawabnya dalam bahasa Thailand, yang kemungkinan juga memberinya poin plus bagi para penonton. 

Selain punya banyak pengalaman mengikuti ajang kontes kecantikan bertaraf internasional, Abena juga pernah bergabung dengan X-Factor pada tahun 2012 dan merupakan artis rekaman (dia menggunakan nama Abena Akuabi), dengan setidaknya 3 single di platform streaming Spotify. Hampir semua dari 3 single-nya berkaitan dengan advokasinya - memerangi penindasan dan mempromosikan kesadaran lingkungan.

Dan meskipun dia bukan keturunan Filipina, Abena jelas memiliki bias terhadap Filipina. Dalam postingan Maret 2020 sebelum pengumuman bahwa dia akan berkompetisi di Miss Grand International, Abena memposting foto dirinya dengan teks, "Kailangan ko ng ilang kwek kwek ngayon (saya perlu kwek kwek sekarang)." Kwek-kwek adalah makanan jalanan Filipina populer yang terbuat dari telur puyuh dilapisi dengan adonan oranye cerah.

Abena memanfaatkan jasa seorang desainer Filipina untuk beberapa pakaiannya, termasuk kostum nasionalnya, yang memberi penghormatan kepada para pemimpin Amerika Hitam, gerakan Black Lives Matter, serta George Floyd dan Eric Garner, yang keduanya meninggal di tangan tentara. polisi.

“Dibutuhkan keberanian untuk menjadi berbeda, menjadi yang pertama, berdiri dalam terang, bukan dalam kegelapan. Kami telah menyaksikan banyak orang berteriak minta tolong di depan mata kami, berkelahi, berbaris, dan memprotes. Inilah saatnya memecah keheningan dan bersuara untuk perubahan. Kita harus menjadi perubahan dunia yang ingin kita lihat hanya dengan bekerja sama,” kata Abena.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya