Rambut Rusak Gara-gara Styling, Ini 5 Cara Perawatan Khususnya

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Rambut merupakan mahkota bagi setiap perempuan. Tidak mengherankan jika wanita ingin selalu tampil menarik dengan melakukan rangkaian styling. Sebut saja blow rambut, catok rambut hingga mewarnai rambut.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Namun sayangnya tidak sedikit kegiatan styling rambut berdampak pada kondisi rambut. Sebut saja rambut kering rusak hingga patah. Lantas bagaimana mengatasi masalah rambut rusak? Berikut ini rangkumannya.

Tips Rawat Rambut Rusak Akibat Styling

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

1. Hindari Penggunaan Alat Styling yang Bisa Merusak Rambut

Apabila kerusakan rambut disebabkan karena terlalu sering melakukan styling, maka sebaiknya kurangi saja atau bahkan hindari penyebab dari permasalahan ini. Beberapa alat styling seperti hair dryer, curling iron yang panasnya bisa mencapai suhu 230 derajat Celcius.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Jika terpapar dengan suhu setinggi itu setiap hari, maka rambut menjadi kering dan kusut karena panas. Sebisa mungkin hindari penggunaan alat styling yang bisa merusak rambut supaya kerusakan rambut tidak semakin parah. Selain itu hindari berbagai elemen yang bisa merusak rambut seperti paparan sinar matahari dan polusi karena kalau dibiarkan terus menerus, maka paparan sinar matahari dan polusi bisa mengurangi kekuatan rambut dan membuat rambut menjadi semakin rapuh.

2. Gunakan Masker dan Vitamin Rambut 

Masker dan vitamin rambut sangat penting untuk membuat rambut menjadi lebih halus, semakin mudah diatur serta melapisi rambut sehingga bisa meminimalisir kerusakan rambut yang parah ketika styling. Memberikan masker dan vitamin rambut dengan rutin juga bisa membantu mengembalikan rambut yang rusak ke kondisi awal dan membuatnya kembali sehat.

Anda bisa membuat masker rambut sendiri dari bahan alami seperti lidah buaya, lemon, madu dan alpukat. Aplikasikan masker minimal 1-2 kali dalam satu minggu. Sedangkan  untuk penggunaan vitamin rambut, bisa pilih vitamin rambut yang didesain khusus untuk mengatasi rambut rusak. Aplikasikan vitamin rambut dengan rutin setelah keramas dan setiap kali akan melakukan styling untuk mencegah kerusakan lebih lebih parah.

3. Gunakan Shampo dan Kondisioner Khusus

Pilih sampo dan kondisioner yang memiliki formula untuk mengatasi rambut rusak. Formula biasanya mengandung nutrisi seperti vitamin protein dan magnesium. 

Gunakan sampo dan kondisioner yang terbuat dari berbagai bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia sintetis yang bisa merusak keindahan serta kesehatan rambut.

4. Memenuhi Asupan Nutrisi Rambut

Selain dari luar, asupan dari dalam bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya dengan kandungan zinc, magnesium, zat besi, vitamin C dan vitamin A untuk merawat rambut serta meningkatkan kesehatan rambut.

Beberapa kandungan tersebut bisa didapatkan seperti dari bayam, brokoli dan kangkung. Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang merah/macadamia. Anda juga bisa konsumsi buah seperti jambu, alpukat, jeruk dan pisang untuk nutrisi rambut.

5. Gunakan Hair Tonic

Cara merawat rambut rusak yaitu dengan menggunakan hair tonic bisa dilakukan setiap hari. Hair tonic bisa mengatasi rambut rontok dan rambut kering. Untuk mengetahui info lebih lengkap mengenai hal ini, klik tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya