20 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • Pixabay/Kjerstin_Michaela

VIVA – Cara menghilangkan bekas jerawat sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Permasalahan ini sering terjadi pada siapa saja dan menjadi beban pikiran seseorang karena akan menyebabkan kehilangan rasa percaya diri.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Bekas jerawat juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi atau warna kulit tidak merata hingga ada yang meninggalkan cekungan dalam, garis tepi tegas, bergelombang, dan kemerahan.

Walaupun beberapa bekas jerawat bisa hilang dengan sendirinya, tapi banyak juga bekas jerawat yang tidak bisa hilang sampai bertahun-tahun lho. Oleh karenanya, cara menghilangkan bekas jerawat harus dijadikan salah satu upaya untuk mengembalikan warna dan tekstur kulit wajah yang sebenarnya.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat?

Lemon

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Photo :
  • U-Report

Perasan air lemon mengandung asam alfa-hidroksi alami yang bisa menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Asam tersebut juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah, belah lemon menjadi dua bagian dan peras. Lalu, oleskan air perasan lemon pada bekas jerawat dan diamkan hingga kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kentang

Photo :
  • U-Report

Kandungan vitamin dan mineral dalam kentang mampu untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat serta flek hitam.

Caranya sangat mudah, iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada bekas jerawat. Lalu biarkan selama 10 menit dan cuci wajah dengan air bersih. Lakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gula pasir

Photo :
  • U-Report

Bahan masakan yang sering dijumpai di dapur ini ternyata bisa menghilangkan bekas jerawat juga lho. Tebu mengandung asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang bisa membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel yang baru.

Caranya, campurkan gula pasir dan minyak zaitun dengan perbandingan 2 : 1. Lalu tambahkan 5 tetes jus lemon. Setelah dicampurkan, aplikasikan ke dalam bekas jerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas menggunakan air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Bawang merah

Photo :
  • Pixabay/ Klimkin

Bawang merah ternyata bisa juga lho dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan bekas jerawat dan menjadikan kulit awet muda.

Caranya sangat mudah, parut satu siung bawang merah dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Bengkoang

Photo :
  • U-Report

Bahan ini sudah sejak lama dipercaya sebagai bahan untuk mencerahkan kulit wajah. Buah ini juga sangat efektif untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, parut bengkoang dan tempelkan pada bagian kulit yang ternoda bekas jerawat. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan sebelum tidur setiap hari.

Es batu

Photo :
  • dok. pixabay

Es batu ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Hal ini karena sifat dingin pada es batu yang bisa mengecilkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

Caranya ambil es batu dan oleskan pada area bekas jerawat. Biarkan selama beberapa menit. Untuk hasil yang optimal, lakukan dua kali dalam sehari.

Tomat

Photo :
  • U-Report

Tomat mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang sangat bermanfaat untuk Kesehatan kulit. Tomat juga mampu mengencangkan kulit dan bisa menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, iris tipis-tipis buah tomat, lalu tempelkan pada area bekas jerawat. Diamkan selama 10-15 dan kemudian bilas wajah hingga bersih.

Masker yogurt

Photo :
  • U-Report

Yogurt bisa menghilangkan kerusakan kulit yang disebabkan akibat luka bekas jerawat. Cara pengaplikasiannya, Anda bisa mencampurkan yogurt dengan buah-buahan segar dan tempelkan pada wajah yang ternoda bekas jerawat. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Air kelapa

Photo :
  • U-Report

Air kelapa sangat ampuh apabila digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya cukup dengan mencuci muka dengan air kelapa dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Bawang putih

Photo :
  • vstory

Bahan pelengkap bumbu dapur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandung senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang bisa menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya, haluskan bawang putih menggunakan blender, lalu oleskan pada bekas jerawat dan biarkan selama 2 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Ampas teh

Photo :
  • U-Report

Ampas the ternyata masih memiliki manfaat untuk menghilangkan noda bekas jerawat lho. Ampas the mengandung antioksidan yang ampuh untuk memperbaiki kondisi kulit untuk memudarkan noda bekas jerawat.

Caranya sangat mudah, siapkan satu kantung the celup yang sudah diseduh. Lalu usapkan ampas teh tersebut pada wajah yang ternoda bekas jerawat.

Kulit jeruk

Photo :
  • Freepik/freepik

Jemur kulit jeruk sampai kering, lalu haluskan menjadi bubuk. Campurkan bubuk tersebut dengan sedikit susu dan gunakan sebagai masker wajah. Masker kulit jeruk kering ini mampu mendorong munculnya sel kulit baru.

Cuka apel

Photo :
  • U-Report

Cuka apel mengandung berbagai nutrisi yang ampuh untuk membersihkan kulit dari jerawat. Bekasnya pun bisa hilang apabila digunakan secara teratur.

Caranya, tuangkan 2-3 sendok makan cuka apel dan campurkan dengan sedikit air. Masukkan mad uke dalam ramuan dan oleskan ramuan tersebut pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan semalaman dan bersihkan keesokan harinya.

Minyak zaitun

Photo :
  • U-Report

Sudah banyak orang yang mengetahui khasiat pada minyak zaitun untuk kecantikan. Caranya sangat mudah, teteskan minyak zaitun pada wajah dan pijat perlahan. Lakukan ini setiap hari untuk hasil yang optimal.

Papaya

Photo :
  • U-Report

Papaya mengandung Vitamin A dan papain yang tinggi sehingga buah ini manjur untuk eksfoliasi. Papaya bisa menghilangkan bercak hitam bekas jerawat atau akibat paparan sinar matahari.

Caranya sangat mudah, haluskan buah papaya dan tambahkan sedikit susu. Aplikasikan campuran tadi pada wajah Anda. Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

Putih telur dan madu

Photo :
  • U-Report

Dua bahan ini mampu membuat wajah mulus dan kencang. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada bekas jerawat Anda.

Madu

Photo :
  • Times of India

Madu bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Karena madu alami sangat banyak manfaatnya seperti antibiotik yang mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat.

Caranya, siapkan madu murni dan oleskan pada bekas jerawat. Biarkan sampai mengering dan bilas dengan air hangat.

Lidah buaya

Photo :
  • vstory

Khasiat dari tumbuhan ini sangat banyak sekali untuk perawatan kulit dan rambut. Lidah buaya mengandung zat aloesin yang memiliki fungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit wajah menjadi gelap.

Caranya, ambil daun lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulitnya. Ambil gel pada lidah buaya dan haluskan. Setelah itu, oleskan pada wajah Anda. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Mentimun

Photo :
  • Pixabay

Kandungan Vitamin A, Vitamin C, dan magnesium yang terdapat pada mentimun sangat bermanfaat untuk kulit. Mentimun juga bermanfaat untuk menghidrasi kulit.

Caranya, iris tipis mentimun dan taruh di atas bekas jerawat Anda. Biarkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air dingin.

Baking soda

Photo :
  • U-Report

Bahan pelengkap untuk membuat kue ini juga bisa bermanfaat untuk Kesehatan dan kecantikan kulit. Baking soda bisa dipakai untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat karena baking soda mengandung kristal sodium bikarbonat yang memiliki fungsi untuk mengelupas sel kulit mati.

Caranya, campurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air secukupnya. Oleskan pada area bekas jerawat dan diamkan selama 2 menit. Setelah itu bersihkan menggunakan air hangat dan oleskan pelembab alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Nah, itulah cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami dan mudah ditemukan. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya