dr. Zaidul Akbar: Kosmetik Zaman Sekarang Kebanyakan Isinya Racun

Ilustrasi makeup/riasan/kosmetik.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Kosmetik adalah benda yang sangat penting bagi wanita, bahkan beberapa di antaranya tidak dapat lepas dari kosmetik. Benda satu ini mampu mengubah tampilan dalam sekejap, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Tapi hati-hati, sebaiknya jangan asal ketika membeli kosmetik. Sebab, tidak semua bahan yang terkandung di dalamnya aman untuk digunakan, sehingga dalam jangka panjang dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

Begitulah yang coba diterangkan oleh dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar. Menurut dia, banyak masalah pada wanita terutama yang terkait dengan inflamasi penyebabnya berasal dari kosmetik yang kita pakai.

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

"Saat ini saya perhatikan, banyak sekali inflamasi atau karatan pada tubuh wanita. Dan yang paling sering itu penyebabnya adalah dari kosmetik," ujarnya dalam sebuah video yang diunggah di Instagram @dokterzaidulakbar, dikutip VIVA, Sabtu 17 Juli 2021.

Lebih lanjut, dokter Zaidul menerangkan bahwa sebagian besar bahan yang terkandung di dalam kosmetik adalah endokrin disruptor.

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

"Kosmetik itu sebagian besar bahannya ada satu bahan yang dikenal dengan endokrin disruptor. Nanti Googling aja browsing, lihat namanya endokrin disruptor," kata dia.

Endokrin disruptor adalah zat kimia yang dapat mengganggu fungsi hormon normal yang ada pada manusia atau hewan.

"Dan sebagian besar ada di produk toiletries kita. Termasuk salah satunya triclosan," ungkap dia.

Menurut Zaidul, salah satu produk yang mengandung triclosan adalah sabun antiseptik yang kerap kita gunakan.

"Dan dia termasuk golongan endokrin disruptor. Dia ngerusak kelenjar, sehingga dia nanti mengambil alih fungsi reseptornya," terang dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya