Tips Merawat Kulit Agar Terhindari dari Maskne

Ilustrasi wanita/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Pandemi tak hanya berdampak pada kesehatan fisik dan mental, namun juga menimbulkan efek samping pada kulit wajah. Ya, masalah kulit yang banyak dialami orang saat ini seringkali disebabkan oleh penggunaan masker yang terlalu lama.

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Dijamin Sembuh Seketika

Selain itu, stres dan terlalu lama di ruangan ber-AC juga bisa menimbulkan masalah pada kulit. Sebut saja iritasi, kulit kering, wajah kusam hingga timbulnya maskne atau jerawat yang muncul karena penggunaan masker.

Menurut Dokter Spesialis Kulit, dr. Eddy Karta Sp.KK,Ph.D, seperti kesehatan fisik dan mental, kesehatan kulit juga perlu dijaga. Ia pun mengungkapkan bahwa ada yang dinamakan skindemik.

Olla Ramlan Tegaskan Unggahan Minta Tolong di Instagram Berasal dari Hati Terdalam

“Skindemik terjadi karena orang mengabaikan perawatan wajah, bahkan tidak melakukan perawatan wajah yang paling mendasar yaitu mencuci muka," ujarnya, dikutip dari rilis Senka, Kamis, 22 Juli 2021.

Padahal, kata dia, penggunaan masker yang terlalu lama, terlebih lagi saat ini dianjurkan untuk menggunakan masker dua lapis, menyebabkan kulit iritasi, sehingga memunculkan jerawat dan menyebabkan wajah kusam.

Jelang Valentine Ramai di Media Sosial Penggunaan Basic Skincare, Seberapa Efektif Hasilnya?

Ia mengatakan, cara paling mudah untuk merawat kulit agar tetap sehat adalah dengan rajin mencuci muka setidaknya dua kali sehar, dengan durasi mencuci muka minimal satu menit agar kotoran terangkat maksimal.

"Pilihlah sabun muka dengan pH netral yang tidak membuat kulit kering, jangan lupa diimbangi dengan makan makanan bernutrisi, minum air putih secukupnya, kelola stres dan berolahraga,” kata dr. Eddy.

Senka sendiri diketahui telah hadir selama empat tahun di Indonesia. Sabun cuci muka ini juga telah menjadi pelopor tren mencuci wajah dengan busa melimpah.

Namun, berbeda dengan produk serupa, teknologi micro dense foam yang tidak dimiliki pembersih wajah lainnya, mampu menghasilkan busa besar, padat dan melimpah. Sehingga proses mencuci wajah lebih aman, mengurangi gesekan telapak tangan dengan permukaan kulit wajah yang dapat menyebabkan wajah cepat kendur tegang.

"Kami ingin wanita Indonesia bisa merasakan kombinasi perawatan kulit terbaik dari Jepang yaitu membersihkan dengan lembut, namun juga membersihkan secara maksimal sehingga wajah menjadi sehat, lembap alami dan tampak awet muda,” ujar Senior Brand Manager Senka Indonesia, Fanny Aeni.

Sebagai informasi, varian pembersih wajah Senka Perfect Whip kini telah hadir di minimarket.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya