Bikin Gak Pede, Ini 10 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi jerawat
Sumber :
  • Freepik/Tongpatong

VIVA – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sering dialami setiap orang. Kondisi ini disebabkan oleh folikel atau tempat tumbuh rambut tersumbat oleh sel kulit mati.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Karena kondisi itu, bakteri jadi lebih mudah berkembang sehingga memicu peradangan dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat biasanya sering muncul di masa pubertas. Meski demikian, banyak juga masalah jerawat yang dialami orang dewasa. Walaupun bisa muncul di bagian manapun di tubuh, jerawat umumnya banyak timbul di pipi.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Karena itu, tumbuhnya jerawat bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Lantas, kenapa jerawat lebih sering muncul di pipi dan bagaimana mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Perubahan hormon tubuh

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Salah satu faktor paling sering menyebabkan timbulnya jerawat adalah perubahan hormon. Saat hormon androgen meningkat, bisa mempengaruhi produksi mintak pada wajah yang dapat menjadi faktor tumbuhnya jerawat.

Hal ini tak hanya dialami remaja yang melalui masa pubertas, tapi juga orang dewasa. Biasanya, jerawat karena pengaruh hormon bisa dialami oleh perempuan yang mengalami siklus menstruasi, masa pubertas, kehamilan dan sudah memasuki masa menopause.

2. Stres berlebih

Ketika stres, tubuh juga mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon inilah yang menjadi faktor timbulnya jerawt pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

3. Makanan dan minuman

Sering mengonsumsi makanan manis atau mengandung banyak lemak bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Sebab, makanan yang mengandung banyak karbohidrat, lemak, atau tinggi gula dinilai bisa meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Saat ini terjadi, hormon androgen bisa menjadi lebih aktif dan jerawat pun akan lebih rentan muncul.

4. Sprei dan sarung bantal kotor

Sprei atau sarung bantal yang kotor bisa memicu timbulnya jerawat di area wajah. Sebab, pada sarung bantal atau sprei yang kotor bisa terdapat sel-sel kulit mati, kotoran dan berbagai macam bakteri yang berkumpul.

Ketika semua itu terkena kulit di wajah, kotoran tersebut akan menempel ke wajah dan menyumbat pori-pori. Akhirnya, jerawat pun muncul.

5. Tidak membersihkan riasan sebelum tidur

Kebiasaan malas ini harus segera diubah karena kotoran dan debu yang menempel di wajah jika tidak dibersihkan bisa membuat pori-pori tersumbat. Hal itu pun bisa memicu timbulnya jerawat.

Masih ada penyebab lain dan tips mengatasi jerawat membandel di pipi. Cari tahu selengkapnya lewat tautan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya