Kenalan sama Jina Kim, MUA Ternama Korea yang Inspiratif

Jina Kim, MUA terkenal Korea.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Negeri Ginseng, Korea Selatan, sukses melahirkan banyak produk kecantikan berkualitas. Tentu, ada sosok yang berjasa di balik itu. Salah satunya adalah Jina Kim, makeup artist (MUA) ternama Korea Selatan sekaligus Co-Founder dari brand kecantikan, barenbliss (BNB).

TVXQ Otw ke Indonesia Hari ini! Siap Berikan Penampilan Spesial ke Cassiopeia di 20 April Mendatang

Memiliki pengalaman lebih dari satu dekade sebagai MUA ternama dan President of Kemosi International Makeup School di Korea Selatan, Jina Kim, tidak menyia-nyiakan bakatnya begitu saja. Kini, dia fokus pada cita-citanya untuk membuat para wanita bahagia, melalui brand ciptaannya BNB, yang kini sudah dikenal di Indonesia.

Jina Kim mengaku, menjadi MUA adalah cita-citanya sejak kecil. Saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi, wanita cantik itu mengambil jurusan Seni Rupa. Meski nampak tak ada hubungannya dengan dunia kecantikan, rupanya seni yang dipelajari sangat membantu dia dalam merasakan keindahan dan padu padan warna.

Tinggal 3 Hari Lagi! Intip Peraturan dan Ketentuan Acara Untuk Konser TVXQ di Indonesia

"Setelah lulus kuliah, saya bergabung dengan institusi pelatihan yang relevan untuk belajar dan menyempurnakan keterampilan makeup saya. Dan terkadang, saya mengambil kesempatan untuk melatih apa yang saya pelajari," ujarnya kepada VIVA, Selasa, 7 September 2021.

Lebih lanjut, Jina Kim bercerita, berbekal jurusan Seni Rupa yang pernah diambil, dia biasanya memikirkan cara untuk menggunakan beberapa teori seni ketika berdandan untuk membuat dirinya sendiri terlihat lebih cantik.

Korea Development Bank Suntik Dana Rp 4,86 Triliun ke Bank KB Bukopin, Dukung Ekspansi Kredit

"Saya rasa sangat menarik ketika melihat perubahan sebelum dan sesudah memakai makeup. Saya sangat tertarik dengan makeup, dan saya mendandani teman saya maupun teman sekelas," kata dia.

Akhirnya pada 2004, wanita yang berdomisili di Korea Selatan itu berhasil memenangkan penghargaan Asia International Beauty Olympic Dream Makeup Award dan perlahan menjadi terkenal di bidang ini.

Namun, kesuksesan yang diraih tidak didapat begitu saja. Jina Kim mengatakan, kesulitan terbesar dalam kariernya adalah saat harus memilih antara bisnis dan idealisme pribadi.

"Sebagai contoh, saya bersikeras untuk menggunakan bahan yang tidak berbahaya. Namun dengan cara ini, biaya bahan mentah meningkat secara drastis, yang tidak memenuhi keinginan saya untuk menghadirkan produk K-beauty yang terjangkau untuk semua orang," tuturnya.

"Dan terkadang saya bertanya apakah saya harus berkompromi? Tapi dalam hati saya sangat ingin membuat sebuah produk yang membuat pelanggan merasa aman saat menggunakannya," sambung dia.

Setelah melakukan eksperimen dan estimasi biaya yang tak berujung, tim pengembangan Jina Kim akhirnya menemukan keseimbangan antara kualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

"Saya sangat senang bahwa saya tidak menyerah atau berkompromi, sehingga saya bisa memperkenalkan barenbliss kepada semua beauty enthusiast di seluruh dunia," pungkas dia.

Kini, Jina Kim fokus untuk membuat BNB menjadi brand yang lebih baik. Perjuangannya bahkan telah membuahkan hasil. Sejak diluncurkan di Korea Selatan, brand tersebut telah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan dari GlowPick, Beauty+ dan Allure.

"Ketika saya merias orang lain dan mereka mengungkapkan kebahagiaan mereka karena menjadi cantik, itu adalah momen paling bahagia dan memuaskan untuk saya," tutup Jina Kim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya