8 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dari Rumah

Ilustrasi wanita/rambut
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA – Memiliki rambut yang sehat dan tebal merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan kepercayaan diri wanita. Namun, tak jarang wanita mengalami rambut rontok. Untuk mengatasinya, terdapat sejumlah cara mengatasi rambut rontok yang bisa dilakukan di rumah.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Melakukan perawatan dari rumah tidak hanya lebih menghemat pengeluaran, karena tentunya lebih murah daripada saat kamu melakukan perawatan ke salon, tetapi juga lebih sederhana karena kamu hanya memerlukan bahan-bahan alami.

Dikutip dari laman Healthline, Sabtu, 11 September 2021, yuk simak cara mengatasi rambut rontok berikut ini!

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

1. Memijat

Ilustrasi rambut wanita.

Photo :
  • U-Report
5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Memijat kulit kepala dapat membantu mengembalikan pertumbuhan rambut. Memijat kulit kepala juga bisa dilakukan saat kamu sedang mengaplikasikan minyak rambut dan masker. Memijat bisa menstimulasi kulit kepala dan meningkatkan ketebalan rambut.

Menyediakan sedikit waktu untuk memijat kulit kepala setiap harinya bisa melepaskan perasaan stres dan tensi. Memijat dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan ketebalannya pada sel dermal papilla.

2. Lidah buaya

Gambar lidah buaya.

Photo :
  • vstory

Lidah buaya sudah lama dikenal dapat mengatasi rambut rontok. Selain itu, lidah buaya juga bisa melembapkan kulit kepala dan rambut. Adapun manfaat lidah buaya lainnya adalah dapat mengurangi ketombe dan menghalangi folikel rambut yang terhalang oleh minyak berlebih.

Kamu bisa mengaplikasikan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut secara merata beberapa kali dalam seminggu secara rutin. Kamu juga bisa memilih produk sampo atau kondisioner yang mengandung bahan lidah buaya.

3. Minyak kelapa

Ilustrasi minyak kelapa.

Photo :
  • U-Report

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bisa mempenetrasi batang rambut dan mengurangi hilangnya protein dari rambut. Minyak kelapa dapat dipakai sebelum maupun sesudah kamu keramas, ini bisa disesuaikan dengan jenis rambut kamu.

Jika rambut kamu cenderung berminyak, kamu bisa memakai minyak kelapa dan mendiamkannya selama semalam atau beberapa jam sebelum dibilas. Jangan lupa untuk memijat kepala saat memakai minyak ini.

4. Minyak ikan

Manfaat Minyak Ikan Mampu Mengurangi Risiko Penyakit

Photo :
  • Unsplash

Mengonsumsi asam lemak juga bisa menjaga kesehatan rambut dan mengurangi rambut rontok dari dalam. Sebab, asam lemak kaya akan nutrisi dan protein. Mengonsumsi suplemen omega bersamaan dengan antioksidan bisa membantu meningkatkan ketebalan rambut dan mengurangi rambut rontok.

Asam lemak omega bisa membantu sel bekerja dengan baik dan meningkatkan imunitas. Sehingga, tidak hanya rambut kamu yang menjadi sehat.

5. Ginseng

Ginseng

Photo :
  • U-Report

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen ginseng. Sebab, ginseng bisa menstimulasi folikel rambut. Ginsenosides merupakan senyawa aktif yang terdapat dalam ginseng dan terbukti memiliki pengaruh yang baik bagi rambut.

6. Perasan bawang merah

Ilustrasi bawang merah.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu bisa tahan dengan aroma bawang merah, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Perasan atau jus bawang merah telah terbukti bisa membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, perasan bawang merah juga bisa meningkatkan sirkulasi.

Studi menunjukkan bahwa bawang merah bisa meningkatkan pertumbuhan keratin dan memperlancar aliran ke kutikula. Kamu bisa mengaplikasikan perasan bawang merah ke kuit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum keramas.

7. Minyak rosemary

Rosemary.

Photo :
  • inimagine.com

Rosemary merupakan salah satu minyak esensial yang banyak digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Minyak rosemary bida menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

Untuk mencobanya, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak rosemary dan memijat kulit kepala. Selain itu, minyak ini juga bisa diteteskan dan dicampurkan pada sampo dan kondisioner.

8. Lemon

Manfaat lemon

Photo :
  • stardaily

Kamu bisa memanfaatkan perasan lemon segar atau minyak lemon untuk meningkatkan kesehatan rambut dan pertumbuhannya. Minyak lemon bisa membantu kamu menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut.

Sebelum keramas, aplikasikan perasan segar air lemon ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Kamu bisa bisa memakai minyak lemon dan menggunakannya sebagai masker rambut. Itulah 8 cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa kamu coba di rumah tanpa harus datang ke salon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya