Kaya Manfaat, Ini Deretan Kandungan Minyak Kemiri dan Lidah Buaya

Ilustrasi minyak/serum/skincare/minyak esensial.
Sumber :
  • Freepik/awesomecontent

VIVA – Minyak kemiri adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak biji kemiri. Kemiri merupakan salah satu jenis rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan.

Geger! Peneliti BRIN Temukan Tanda-tanda Kehidupan Harimau Jawa di Sukabumi

Tidak hanya itu, kemiri juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Minyak yang dihasilkan dari pengolahan biji kemiri atau Aleurites moluccana ini, dapat mengatasi berbagai masalah pada rambut.

Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada minyak kemiri, yang dipaparkan oleh Hair Consultant Kemaiu Hair Treatment, Anya Nurhadayati kepada VIVA baru-baru ini.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Vitamin B1

Vitamin B1 atau Thiamin mampu mencegah kerontokan. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri yang mengandung vitamin B1, sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kekuatan akarnya.

Pamer Rambut Baru, Iqbaal Ramadhan Malah Disebut Mirip Dora The Explorer

Asam lemak tak jenuh atau asam linoleat

Asam linoleat tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dengan mengonsumsi minyak nabati. Minyak kemiri adalah salah satu minyak nabati yang dapat mencukupi kebutuhan asam lemak tak jenuh tubuh manusia.

Ilustrasi wanita/rambut berwarna/cat rambut/lipstik merah.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Asam oleostearat

Asam oleostearat populer digunakan untuk kebutuhan kosmetik hingga makanan. Asam oleostearat juga telah mendapat label halal, sehingga kerap digunakan dalam produk kosmetik bagi orang Muslim. Oleh karena itu, produk-produk perawatan rambut yang menggunakan minyak kemiri, dipercaya halal dan aman digunakan.

Asam minyak

Jenis asam ini sangat baik untuk perawatan rambut kering. Penggunaan asam minyak dapat membantu melembutkan rambut yang rusak dan kering, sehingga sangat disarankan untuk merawat rambut yang rusak.

Tak hanya minyak kemiri, Anya Nurhadayati, mengungkapkan, lidah buaya juga memiliki kandungan yang tak kalah hebat dari minyak kemiri untuk menjaga kesehatan rambut. Apa saja?

Lidah buaya (aloe vera)

Photo :
  • Pixabay/PollyDot

Allantoin

Yaitu sebagai anti-inflamasi dan bisa memperbaiki tekstur kulit. Jaringan yang rusak akan diperbaiki dan sel-sel baru akan dirangsang untuk diproduksi.

Antioksidan

Termasuk di dalamnya beta karoten, vitamin C, dan vitamin E. Penasaran mengapa banyak orang sering menggunakan gel lidah buaya sebagai pelembap?

Ya, karena efek regenerasi sel berkat kandungan antioksidan dalam lidah buaya. Adalah Lignin, zat yang mampu menembus hingga ke dalam sel kulit untuk menahan kadar air dan mencegah dehidrasi.

"Salah satu produk perawatan rambut yang memiliki bahan terbaik berupa minyak kemiri serta lidah buaya adalah Kemaiu Hair Treatment Shampoo. Sampo ini bermanfaat untuk mencegah rambut rontok, memperkuat akar rambut, membersihkan rambut dan kulit kepala serta merawat kelembapan dan kelembutan rambut," imbuh Anya Nurhadayati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya