9 Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Semua Jenis Kulit

Ilustrasi wanita/skincare/perawatan kulit.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Tips memilih skincare yang aman wajib diketahui oleh semua orang terutama kaum hawa. Sebab, saat ini telah banyak merek dan brand yang beredar mengenai skincare. Bahkan, tidak jarang ada skincare yang terbuat dari bahan yang tidak aman sehingga berdampak negatif pada kulit.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Memilih skincare sendiri tidak bisa sembarangan, sebab setiap kulit memerlukan perawatan yang berbeda-beda. Kandungan produk perawatan kulit ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan-masing-masing kulit. Kulit kering mempunyai jenis perawatan berbeda dengan kulit berminyak atau kombinasi keduanya.

Secara umum terdapat lima jenis kulit yang ditemukan pada masyarakat, yaitu kulit normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi. Maka dari itu, kamu haru memperhatikan produk apa yang cocok dan aman bagi jenis kulit.

Terungkap! SYL Juga Pakai Uang Korupsi untuk Beli Skincare Anak dan Cucu

Selain itu, merawat kulit tubuh adalah salah satu cara untuk mencintai diri sendiri, apalagi saat ini kita sudah diperolehkan melakukan aktivitas di luar ruangan. Perawatan kulit harus ekstra diperhatikan. Nah, berikut adalah beberapa tips memilih skincare yang aman untuk perawatan kulit kamu.

Lantas, Apa Tips Memilih Skincare yang Aman?

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

1. Ketahui Jenis Kulit

Ilustrasi kulit kering.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kulit manusia mempunyai jenis yang berbeda-beda. Jadi, tips memilih skincare yang aman pertama adalah dengan memahami terlebih dahulu jenis kulit yang kamu miliki. Ada baiknya kamu memeriksakan terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui jenis kulit. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak salah dalam menentukan jenis kulit yang dimiliki.

Sebab, bila kamu belum mengetahui jenis kulit yang dimiliki akan sulit untuk menentukan skincare yang tepat. Untuk kulit normal, biasanya akan membutuhkan skincare yang sederhana ketimbang dengan jenis kulit yang lainnya. Bila mempunyai kulit wajah kering, dianjurkan untuk memilih skincare di bagian yang kering, begitu pula dengan jenis kulit yang lainnya.

2. Sesuaikan dengan Masalah Kulit

Ilustrasi wajah berjerawat.

Photo :
  • U-Report

Setiap orang tentunya permasalahan kulit yang berbeda-beda, mulai dari jerawat, kusam, kering, atau berminyak. Skincare yang dipakai untuk menghilangkan jerawat dengan memutihkan kulit, formulasinya tentu berbeda.

Oleh karena itu, kamu mesti menyesuaikan dengan permasalahan kulit yang tengah dialami. Bila kamu memakai skincare yang tidak sesuai dengan masalah yang terjadi pada kulit, maka akan menimbulkan efek samping pada kulit wajah.

3. Pastikan Skincare Telah Terdaftar di BPOM

Kosmetik yang disita BPOM

Photo :
  • Dok. VIVA/ Adinda

Sebelum kamu membeli sebuah produk untuk perawatan kulit, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah produk tersebut telah tercatat di BPOM atau tidak. Kamu bisa mengeceknya melalui laman resmi BPOM. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

4. Perhatikan Komposisi Produk

Ilustrasi produk make-up dan skincare.

Photo :

Pada sebuah produk skincare, tentunya mempunyai komposisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tips memilih skincare yang aman adalah dengan melihat komposisinya. Hal ini juga berfungsi supaya kamu terhindar dari reaksi alergi pada kulit.

Jenis kulit yang cenderung tidak mempunyai pantangan untuk memakai skincare adalah jenis kulit normal. Lain halnya dengan jenis kulit lain seperti berminyak, hindari pemakaian produk yang mengandung alkohol terutama untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif.

5. Pilih Produk yang Mengandung Sunscreen

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Dianjurkan untuk memilih produk perawatan wajah yang mempunyai kandungan sunscreen. Karena, kulit wajah membutuhkan perlindungan pada sinar UV. Sehingga, akan lebih baik bila kamu memilih produk skincare yang mengandung SPF.

Selain itu, sunscreen tidak akan bertahan seharian di kulit, jadi pakailah sunscreen sesuai dengan petunjuk yang disarankan.

6. Perhatikan Tanggal Expired

Ilustrasi skincare.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Sebuah produk olahan tentunya mempunyai masa expired, rata-rata produk mempunyai masa 6 sampai 12 bulan sebelum akhirnya expired, tapi ada juga yang masa kadaluarsanya sampai 24 bulan. Bila sebuah produk skincare tidak mempunyai masa expired, ada baiknya untuk tidak digunakan karena bisa berdampak negatif pada kulit.

7. Pakailah Basic Skincare

Ilustrasi skincare

Photo :
  • Daffania

Untuk remaja, dianjurkan untuk memakai basic skincare terlebih dahulu. Jangan terlalu pusing dengan rangkaian skincare yang terlalu banyak. Kamu bisa melakukannya dengan rutin supaya mendapat hasil yang maksimal.

Terdapat 4 rekomendasi urutan pemakaian skincare untuk seorang remaja yaitu dengan cleansing (face wash), toning, moisturizing (pelembap), dan protecting (sunscreen).

8. Jangan Terbujuk Iklan

Ilustrasi wanita/skincare/perawatan kulit.

Photo :
  • Freepik/benzolx

Tips memilih skincare yang aman terakhir adalah dengan tidak termakan oleh iklan. Saat ini, banyak sekali produk skincare yang menjanjikan hasil instan, tapi tentunya itu sangat berisiko. Produk skincare yang baik tentunya memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mempercantik kulit secara alami.

Hasil penggunaan tersebut umumnya akan terlihat setelah 1 sampai 2 bulan pemakaian. Penggunaan produk kecantikan yang menawarkan hasil instan, mungkin belum terjamin keamanannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya