Mengenal Double Eyelid, Salah Satu Standar Kecantikan Wanita Korea

double eyelid
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA – Wanita Korea Selatan dikenal memiliki standar kecantikan yang berbeda dari yang lain. Seorang wanita di Negeri Ginseng dianggap cantik apabila memiliki kulit putih porselen, wajah berbentuk V, bibir berbentuk hati, hidung panjang, termasuk double eyelid atau kelopak mata ganda. 

Untuk Perawatan Kulit, Chaty Sharon: Makeup dan Skincare Harus Saling Mendukung

Tak sedikit wanita Korea yang memutuskan untuk melakukan operasi plastik hanya demi mendapatkan double eyelid itu. Rupanya tidak hanya di Korea, di Indonesia sendiri, memiliki kelopak mata ganda juga banyak digemari. 

Hal itu diungkapkan oleh dokter kecantikan, dr. Catherine Soebroto. Dia mengaku, sudah ratusan pasien datang untuk minta dibuatkan lipatan mata atau memperbaiki lipatan matanya agar terbentuk kelopak mata ganda. 

Arab Saudi Perdana Ikut Miss Universe 2024, Netizen: Kiamat Semakin Dekat

"Pasien yang datang bemacam-macam, ada yang datang dengan mata sipit tanpa lipatan dan ingin dibuat lipatan mata supaya mata terlihat lebih besar. Ada juga yang datang karena pernah buat lipatan mata di tempat lain, tetapi gagal dan ingin diperbaiki," ujar dr. Catherine dalam keterangannya, Rabu 24 November 2021. 

"Ada juga yang datang karena mata tidak simetris dari lahir dan ingin dibentuk lebih simetris. Tapi, ada juga pasien yang sudah berumur dan kelopak mata atasnya jatuh, sehingga butuh diperbaiki agar lebih baik," lanjut dia. 

7 Trik Simpel Bikin Kulit Sehat Sekaligus Glowing, Lakukan dengan Rutin Ya!

Catherine menjelaskan, teknik yang digunakan untuk membuat double eyelid ini adalah semi operasi. Di mana mata tidak disayat penuh tetapi hanya dibuat sayatan kecil untuk mengeluarkan lemak di mata dan memasukkan benang, agar terbentuk lipatan mata yang indah. 

"Karena hanya dengan sayatan kecil sebesar 0,5 mm, maka bengkak akan sangat minimal sekali dan pasien dapat langsung beraktivitas. Hasil lipatan pun akan permanen, jadi tidak perlu diulang lagi, cukup satu kali pengerjaan," ujar dia. 

Menurut dokter kecantikan itu, teknik semi operasi berbeda dengan teknik sulam yang banyak dikerjakan di salon-salon kecantikan. 

"Teknik semi operasi ini akan menghasilkan hasil lipatan yang natural seperti lipatan asli dari lahir. Dan baik pria maupun wanita, dapat melakukan pengerjaan lipatan mata ini," katanya. 

Namun, dokter Catherine menyarankan, jika ingin melakukan perawatan double eyelid, sebaiknya mengunjungi dan dikerjakan oleh dokter. 

"Jangan membuat lipatan mata oleh orang awam di salon yang tidak tahu anatomi mata. Karea mata merupakan area yang sangat berbahaya, apabila sesuatu terjadi akan sangat fatal akibatnya," tutur dr. Catherine Soebroto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya