Jeans Ketat Hingga Tindik, 10 Item Fesyen Ini Dilarang di Korea Utara

Jeans robek
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sudah menjadi fakta bahwa Korea Utara mengikuti rezim yang otoritatif. Tak heran, gaya pakaian para warganya pun turut diberi aturan ketat dan bahkan cenderung aneh di mana masyarakat dunia kerap memakainya dalam keseharian. Apa saja?

5 Negara dengan Pemerintahan Diktator di Dunia Modern

Konstitusi mendefinisikan Korea Utara sebagai "kediktatoran demokrasi rakyat" di bawah kepemimpinan Partai Buruh Korea (WPK), yang dipimpin oleh Kim Jong-un. Sementara pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di negara ini selalu menjadi berita, edisi lain dari daftar tersebut adalah larangan atau pembatasan mode yang dibuat oleh partai yang berkuasa atas hal-hal yang dapat dilakukan warganya.

Jong-un juga baru-baru ini mengumumkan daftar tren fesyen yang dilarang di surat kabar yang dikelola pemerintah kawasan itu dan Anda akan terkejut mengetahui apa saja yang berhasil masuk ke dalam daftar tersebut. Berikut adalah beberapa gaya yang dilarang di negara ini karena dianggap sebagai simbol gaya hidup kapitalistik, dikutip dari laman Times of India.

Lyodra Ginting Borong 4 Penghargaan Musik, OOTD Jadi Sorotan dan Selalu Dipuji

Celana jeans ketat (skinny jeans)

Celana jeans Shreddies yang diklami bisa menghilangkan bau kentut

Photo :
  • www.myshreddies.com
Ngerinya Biro 121, Senyap sampai Bikin AS Nyapnyap

Ya, Anda membacanya dengan benar. Skinny jeans adalah barang terlarang di negara diktator karena dianggap sebagai simbol mode barat.

Mantel parit kulit (trench coat)

Dalam langkah terbarunya, Kim Jong Un telah melarang mantel kulit untuk menghentikan warga meniru penampilannya. Mantel menjadi populer di negara itu setelah Jong pertama kali memakainya pada tahun 2019.

Spike, mullet dan rambut yang diwarnai

Merman, tren rambut berwarna bagi kaum adam

Photo :
  • Instagram/Modern Salon

Pria Korea Utara hanya dapat memilih dari 28 potongan rambut dan tidak dapat menggunakan rambut mullet, spike, atau diwarnai karena terlihat terlalu asing. Mullet merupakan gaya rambut yang dibiarkan pendek di samping dan memanjang di tengah. Sementara spike, menjadi gaya khas anak punk yang sempat tren pada beberapa dekade lalu.

T-shirt bermerek

Pakaian bermerek sekali lagi merupakan tanda masuknya pengaruh barat. Oleh karena itu dilarang di negara ini memakai baju branded.

Tidak ada rambut panjang untuk wanita yang belum menikah

Jika Anda belum menikah, Anda tidak bisa memakai rambut panjang. Ssbaliknya, Anda harus memakai tatanan rambut pendek yang khas.

Tindikan

Ilustrasi Tindik Telinga

Photo :
  • Ist

Tindik bibir atau hidung juga dilarang di negara ini. Cukup aneh, bukan?

Setelan gaya Mao

Jas Cina modern yang merupakan gaya khas Jong tidak bisa dipakai oleh siapa pun kecuali dia di negara ini. Jangan coba-coba memakai gaya sang pemimpin ya!

Kacamata berbingkai tanduk

Favorit lain dari diktator adalah kacamatanya yang khas. Untuk itu, tidak ada warga yang bisa memakai kacamata yang mirip dengan yang dikenakan oleh pemimpin mereka.

Denim robek

Larangan mutlak lainnya di negara ini adalah jeans robek. Karena gaya ini dianggap diadaptasi oleh negara-negara barat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya