Jiera Ajak Influencer Tingkatkan Keberanian Lawan Pelecehan Seksual

Jiera X Human Initiative
Sumber :
  • Dok. Jiera

VIVA – Brand Lip Serum, Jiera, aktif mengangkat isu pelecehan seksual melalui kampanye #Itsokay dengan menggandeng Human Initiative beserta para influencer yang kerap mendapatkan perundungan melalui media sosial. 

Prabowo Enggan Bubarkan TKN, Mau Dibentuk Jadi Gerakan Solidaritas Nasional

Kali ini, Jiera berkolaborasi dengan Human Initiative mengkampanyekan disebuah acara How Jiera Boosting The Campaign yang digelar pada Sabtu 4 Desember 2021 di PIK Avenue. Acara tersebut turut menghadirkan beberapa narasumber seperti Muhammad Raafi (Chief Marketing Officer), Boy Mareta (General Manager of Retail and Digital Fundraising - Human Initiative), Muhammad Hamdi (Psikolog Human Initiative), Bondol (Influencer TikTok), serta Nigita Ulfa dan Maya Crystabelle sebagai Brand Ambasador Jiera. 

Pengguna Produk Jiera Alami Pelecehan Seksual

Kampanye Berakhir, Prabowo Usul TKN Diubah Jadi Gerakan Solidaritas Nasional

Upaya yang dilakukan Jiera berawal dari komentar bernada sensual yang terus-menerus dilakukan  para anonim kepada para influencer ataupun pengguna produk Jiera yang sedang melakukan review produk.

“Sering kali Key Opinion Leader (KOL) yang mereview produk kami mengalami verbal harassment dari sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab, dari situlah muncul ide untuk memberikan edukasi bahwa hal tersebut tidaklah benar,” ujar Raafi selaku Chief Marketing Officer (CMO) Jiera.

Prabowo Ungkit Masa Kampanye Saat Temui Surya Paloh: Rakyat Ingin Pemimpinnya Rukun

Menurut Raafi, komentar tidak senonoh yang terus menerus dilontarkan bisa berdampak bagi rasa percaya diri orang yang menerimanya. Oleh karena itu, Jiera memutuskan merangkul orang-orang yang telah mengalami pelecehan seksual dengan menunjukkan bahwa mereka lebih dari apa yang mereka alami.

Jiera Luncurkan Produk Terbaru Untuk Kampanye

Melihat pelecehan seksual sering terjadi kepada para pengguna produknya, Jiera meluncurkan produk Jiera x Human Initiative 20 ML seharga Rp96.000 bisa didapatkan di marketplace yang nantinya 10% dari hasil keuntungan penjualan akan disalurkan kepada para penyintas kasus pelecehan seksual. Kampanye yang berlangsung secara tatap muka selama 29 November – 5 Desember 2021 di The Meet Market, PIK Avenue Mall ini akan terus berlanjut dalam jangka panjang.

“Rasanya nggak mungkin kampanye ini akan berakhir begitu saja sedangkan kami ingin terus memaksimalkan kampanye ini agar tetap terdengar sampai pada akhirnya timbul kesadaran (awareness) bagi para pelaku untuk berhenti berbuat demikian,” tambah Raafi.

Akun instagram @jieraofficial kini memiliki lebih dari 50 ribu pengikut turut aktif menyampaikan pesan bahwa pelecehan seksual dapat terjadi kepada siapa saja sehingga tidak perlu menyalahkan diri sendiri atas tindakan yang terjadi di luar kuasa para korban. 

Jiera Terus Memberikan Edukasi Kepada Korban

Strategi Jiera dalam menyuarakan aksi ini adalah dengan terus mewadahi edukasi bagi para korban untuk berani speak-up dan melaporkan tindak kekerasan seksual yang bisa menyebabkan kerugian di masa mendatang. Jiera sebagai pionir produk lip serum yang berfungsi untuk menutrisi, dan meremajakan kulit bibir sehingga dapat membantu bibir tampak lebih cerah menyampaikan pesan bahwa siapapun bisa percaya diri tanpa harus terbelenggu rasa takut menjadi diri sendiri.

“Dari sisi produk, Jiera memiliki unik selling yaitu produk perawatan bibir. Kami pernah melakukan kegiatan 30 days challenge bersama para KOL untuk merasakan impact baik terhadap bibirnya, dari situlah produk kami mulai dekat dengan para influencer sehingga ketika kami menyuarakan isu ini, secara spontan mereka membagikan kisah dengan narasinya masing-masing,” lanjut CMO Jiera yang mengatakan lebih lanjut bahwa kampanye ini diharapkan bisa relate dengan keadaan yang sedang dialami oleh korban kasus pelecehan seksual.

 “Capaiannya dengan adanya campaign ini dapat mengurangi tindak pelecehan dan kekerasan seksual yang di Indonesia,” tutup Raafi mengakhiri sesi press conference (4/12).

Apa Itu Produk Jiera?

Jiera merupakan brand skin care lokal asal jakarta yang memiliki 1 produk yaitu Lip Serum. Lip Serum memiliki fungsi untuk menutrisi, dan meremajakan kulit bibir sehingga dapat membantu bibir tampak lebih cerah. Jiera memiliki brand image sebagai #1 Lip Serum di Indonesia dengan taglinenya yaitu Simplicity of Beauty. Target pasar Jiera yaitu wanita di bawah 30 tahun, mulai dari; pelajar, mahasiswi, pekerja, dan ibu rumah tangga. Namun saat ini, Jiera sedang mengembangkan target market yang lebih luas lagi yakni bagi kaum laki-laki. 

Produk Limited Edition Jiera X HI :

Brand Jiera meluncurkan produk Limited Edition Lip Serum bekerja sama dengan Human Intiative untuk mendukung campaign #it’sokay. Tujuannya, agar pesan dari campaign tersebut dapat tersampikan secara maksimal. Konsep produk ini berbeda dari bentuk visual produk Lip Serum Jiera lainnya dimana terdapat tulisan #It’sOkay pada label produknya. Selain itu, nantinya hasil penjualan dari produk tersebut akan disumbangkan 10% kepada Human Initiative untuk kepentingan hal yang bersangkutan dengan korban kekerasan atau pelecehan seksual.

Campaign #ItsOkay dilakukan dengan bekerjasama Human Initiative yang akan mulai dilaksanakan 29 November – 5 Desember di The Meet Market, PIK Avenue Mall. Campaign #ItsOkay dilakukan untuk memberikan edukasi bagi para perempuan untuk dapat berani bercerita mengenai permasalahan pelecehan seksual yang pernah dialaminya. Campaign ini berfokus untuk menyadarkan bahwa mereka berhak untuk tetap menjadi dirinya sendiri.
Harapannya, agar brand Jiera dapat merangkul orang-orang yang telah mengalami pelecehan seksual dengan menunjukkan bahwa mereka lebih dari apa yang mereka alami.

Apa Itu Human Initiative

Human Initiative berdiri sejak 10 Des 1999 memiliki 13 Cabang dalam negeri, 3 Cabang LN & 12 Representative. 3 Core Program. Memiliki misi Kemanusiaan yaitu memanusiakan Manusia sejalan dengan Campaign Jiera. 
Menghormati dan melindungi Anak & Perempuan dari kekerasan, eksploitasi & seksual. Termasuk di Lokasi Bencana & Wilayah Program Pemberdayaan, dengan menghadirkan ruang menyusui darurat, tempat berhubungan suami istri darurat, dan rumah senyum untuk keluarga.

Campaign #itsokay

  • Merawat kesehatan : diperintahkan menjaga & merawat diri.
  • Semua orang menyukai Keindahan : Fisik & Sikap/Karakter.
  • Harus Percaya Diri : pengguna Jiera memiliki kepekaan & kepedulian sosial bersama Human Initiative.
  • Melindungi & Menghormati hak orang lain. 

Program Konsen

  • Melindungi & Menghormati hak Penyintas, Pengungsi, Penerima Bantuan 
  • Sekolah Tanpa Kekerasan : Sistem Child Safeguarding Policy (Preventif & Kuratif)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya