Resting Bitch Face, Tren Pasang Wajah Judes dan Datar

Kristen Stewart
Sumber :
  • hollywood

VIVA – Ratu Elizabeth hingga Victoria Beckam, dan bahkan Kristen Stewart kerap terlihat dengan ekspresi wajah datar dan cenderung 'judes'. Kekinian, ekspresi tersebut lebih dikenal dengan sebutan Resting Bitch Face (RBF) yang sontak menjadi suatu tren dan mulai dilakukan oleh kaum urban.

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

Di antara banyak ikon budaya pop yang dikatakan berwajah judes alias RBF, sebagian besar adalah wanita, meskipun Kanye West adalah salah satu contoh pria. Semuanya telah diejek oleh netizen karena memiliki ekspresi tertentu yang mungkin membuat orang lain tak nyaman.

Namun, ekspresi judes sendiri kerap kali tak disengaja tetapi cenderung terlihat sedang menghakimi. Lantas, apa sebenarnya RBF? Tren wajah judes ini sudah dikenal sejak kapan?

Kanye West Hampir Bangkrut Setelah Ujaran Kebencian pada Yahudi

Kanye West.

Photo :
  • Instagram

Dimulai dari sebuah Meme Viral

5 Artis Ini Dituduh Lecehkan Agama Islam, Ada yang Bikin Sepatu dengan Nama Malaikat

Dikutip dari laman The Washington Post, meme RBF mengambil alih Internet pada tahun 2013. Itu dipicu oleh viral mock-PSA tentang "Resting Bitch Face". Banyak orang telah mengidentifikasi fenomena yang ditakuti dalam daftar selebriti, di lingkaran sosial mereka sendiri, bahkan di cermin.

Jadi, Jason Rogers dan Abbe Macbeth selaku peneliti perilaku dengan perusahaan riset dan inovasi internasional Noldus Information Technology, memutuskan untuk menyelidikinya. Mengapa beberapa wajah terlihat benar-benar tanpa ekspresi, tetapi yang lain tidak dapat dijelaskan? Apa sebenarnya yang membuat kita mendaftarkan ekspresi yang tampaknya netral sebagai RBF?

"Kami ingin ini menyenangkan dan tidak hanya sekedar basa-basi, tetapi juga memiliki data ilmiah yang sah untuk mendukungnya," kata Macbeth.

Penelitian Wajah Judes

Para peneliti menggunakan FaceReader dari Noldus, alat canggih yang dirancang untuk mengidentifikasi ekspresi tertentu berdasarkan katalog lebih dari 10.000 gambar wajah manusia. Perangkat lunak, yang dapat memeriksa wajah melalui kamera langsung, foto, atau klip video, memetakan 500 titik pada wajah manusia, kemudian menganalisis gambar dan memberikan ekspresi berdasarkan delapan emosi dasar manusia: kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, ketakutan, kejutan, jijik, penghinaan, dan "netral."

Untuk menetapkan garis dasar, Rogers dan Macbeth pertama-tama meminta FaceReader menilai serangkaian wajah yang benar-benar tanpa ekspresi. Ekspresi tersebut menunjukkan sekitar 97 persen netralitas, kata Macbeth. Lainnya, tiga persen termasuk "sedikit kerlip emosi" yakni sentuhan kesedihan di sini, sedikit kejutan di sana, tapi tidak ada yang signifikan.

Kemudian mereka memasang foto-foto "all-stars RBF" antara lain Kanye West, Kristen Stewart dan Ratu Elizabeth. Tiba-tiba, tingkat emosi yang terdeteksi oleh perangkat lunak berlipat ganda menjadi enam persen.

"Satu emosi tertentu bertanggung jawab atas lompatan itu. Perubahan besar dalam persentase berasal dari 'penghinaan'," kata Macbeth.

Menentukan Si Wajah Judes

"Itu dalam sinyal halus, seperti satu sisi bibir sedikit ditarik ke belakang, mata sedikit menyipit," jelas Rogers.

"Atau ini semacam mengencangkan saraf di sekitar mata, dan sedikit menaikkan sudut bibir - tetapi tidak menjadi senyuman," saran Macbeth.

Isyaratnya diremehkan, namun mesin mendeteksi dan menafsirkannya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan otak manusia kita. Sesuatu dalam ekspresi wajah yang netral menyampaikan penghinaan, baik kepada perangkat lunak maupun kepada kami.

Ratu Elizabeth II.

Photo :
  • Instagram @kensingtonroyal

Sejajar antara Pria dan Wanita

Tapi ada satu perbedaan besar, tambahnya. FaceReader, sebagai bagian dari perangkat lunak dan karena itu kebal terhadap bias gender, terbukti menjadi penyeimbang yang hebat. 

"Ini mendeteksi RBF di wajah pria dan wanita dalam ukuran yang sama. Artinya, gagasan RBF sebagai fenomena yang didominasi perempuan tidak ada hubungannya dengan fisiologi wajah dan lebih berkaitan dengan norma sosial," imbuhnya.

Pertimbangkan aktris Anna Kendrick, yang secara terbuka mengeluh tentang efek RBF dalam hidupnya.

"Ketika dia masih muda, sutradara akan berkata, 'Mengapa kamu tidak lebih banyak tersenyum, kamu perlu lebih banyak tersenyum, kamu sepertinya tidak terlalu bahagia,'" kata Macbeth. 

Itu adalah sesuatu yang ditekankan dari wanita jauh lebih banyak daripada yang diharapkan dari pria. Dan ada banyak artikel anekdot dan literatur ilmiah tentang itu. 

Kesimpulannya, wajah judes dapat dimiliki siapa saja. RBF belum tentu sesuatu yang lebih banyak terjadi pada wanita, tetapi lingkungan sosial lebih terbiasa memperhatikannya pada wanita karena wanita memiliki lebih banyak tekanan pada mereka untuk bahagia dan tersenyum dan bergaul dengan orang lain.

Jadi, sudah siapkah Anda dengan tren wajah judes ini?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya