Cara Menghilangkan Komedo dan Cara Merawat Wajah dari Komedo

Ilustrasi komedo.
Sumber :
  • Pexels/Sam Lion

VIVA – Cara menghilangkan komedo menjadi salah satu tips yang banyak dicari oleh para kaum wanita. Pasalnya komedo yang besar di wajah dapat menghilangkan kepercayaan diri pada wanita. Apalagi umumnya wanita menginginkan kulit yang bersih dan terlihat mulus tanpa komedo. Maka dari tu mereka mencari cara menghilangkan komedo di wajah untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka yang hilang. Baik itu dengan melakukan perawatan menggunakan produk skincare ataupun dengan membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang alami. Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo di wajah?

5 Manfaat Ajaib Buah Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Wanita

Komedo merupakan lesi primer jerawat akibat folikel rambut yang tersumbat karena akumulasi dari debris sel kulit yang bercampur dengan minyak. Komedo tersebut dapat muncul pada wajah karena gumpalan minyak yang dipengaruhi aktivitas hormon. Gumpalan tersebut dihasilkan dari produksi minyak yang berlebih pada wajah dan kurangnya perawatan. Hal itulah yang membuat timbulnya komedo dan kulit wajah yang kusam bahkan bisa iritasi. Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara menghilangkan komedo pada wajah. 

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

Masih Malas Double Cleansing? Ini 4 Bahayanya yang Wajib Kamu Tahu!

Wanita berkomedo.

Photo :
  • kumpulansolusi.com

Terdapat cara menghilangkan komedo tanpa kamu harus menggunakan produk obat-obatan ataupun skincare yang harganya mahal. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu buat sendiri dan kamu lakukan di rumah. 

4 Masalah Kulit Ini Paling Jadi Perhatian Wanita Indonesia, Tapi Masih Percaya Mitos!

1.Menggunakan Garam

Garam untuk Sembelit

Photo :
  • U-Report

Agar komedo di wajah dapat berkurang, kamu dapat menggunakan bahan alami garam sebagai cara menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal mencuci wajahmu dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam yang telah larut. Fungsi garam pada wajah yang berkomedo adalah untuk menghilangkan minyak berlebih yang ada di wajah. 

2. Menggunakan Jeruk Lemon

Air lemon.

Photo :
  • Unsplash
 

Salah satu bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan jeruk lemon. Cara yang dapat dilakukan sangat mudah, kamu hanya perlu memeras jeruk lemon dan membasahi wajah dengan air perasan jeruk lemon tersebut. Kemudian diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Kandungan yang terdapat jeruk lemon yakni kandungan asamnya dapat membantu mengangkat minyak yang berlebih di wajahmu. 

3.Menggunakan Air putih

Ilustrasi air putih.

Photo :
  • Pixabay

Selain melakukan perawatan kulit baik lewat produk kecantikan ataupun dengan bahan alami yang kamu buat sendiri untuk menghilangkan komedo pada kulit wajah. Kamu juga bisa membantu mengurangi komedo dari kulit dengan banyak meminum air putih. Setidaknya dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari bahkan kalau bisa lebih dari iru. Karena air putih dianggap memiliki manfaat yang baik untuk melancarkan pencernaan kulit dan merawat kulit wajah. 

4. Menggunakan Lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik

Lidah buaya memang sudah dikenal memiliki kandungan dan khasiat yang bagus untuk untuk kulit wajah. Selain menenangkan kulit, lidah buaya juga bisa membantu untuk menghilangkan komedo. Lidah buaya diketahui memiliki zat asrigent dan saponin yang dapat membunuh bakteri dan mikroba yang terdapat pada wajah serta menghaluskan kulit. Selain itu juga dapat mengatasi minyak berlebih yang ada pada wajah. 

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memotong lidah buaya dan mengupas kulitnya kemudian ambil dagingnya yang berbentuk gel oleskan pada area wajah yang berkomedo. Setelah itu diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air bersih. 

5. Menggunakan Putih telur

Masker putih telur.

Photo :
  • U-Report

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo yakni adalah putih telur. Putih telur dianggap bagus untuk mengangkat komedo. Caranya juga sangat mudah sekali, kamu hanya perlu mencampurkan putih telur dengan satu sendok teh madu (opsional bisa hanya putih telur saja). Lalu oleskan campuran putih telur ke area wajah yang berkomedo kemudian diamkan selama 30 menit sampai mengering. Setelah mengering bilas dengan menggunakan air hangat. 

6. Menggunakan Es batu

Ilustrasi es batu untuk kecantikan.

Photo :
  • U-Report

Es batu juga ternyata menjadi salah satu bahan alami yang bisa membantu mengurangi komedo di wajah lho! Hal itu karena sifat dingin yang es batu miliki untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Selain itu es batu juga memiliki manfaat yakni dapat mengecilkan pori-pori kulit dan menghambat  munculnya komedo. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengusapkan es batu ke area wajah yang berkomedo selama kurang lebih 10 menit. 

7. Menggunakan Tomat

tomat

Photo :
  • U-Report

Bahan lainnya yang menjadi cara menghilangkan komedo yakni adalah tomat. Diketahui tomat memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi munculnya komedo pada wajah. Hal itu karena antioksidan dapat membunuh bakteri yang masuk ke dalam pori-pori wajah. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu menumbuk tomat atau menghaluskannya dengan menggunakan blender atau chopper. Kemudian setelah halus oleskan pada wajah, diamkan selama 10-30 menit dan bilas dengan air yang bersih. 

8. Menggunakan Madu

Madu

Photo :
  • Times of India

Bahan alami terakhir yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan komedo tak lain dan tak bukan adalah madu. Khasiat yang dimiliki madu memang cocok untuk kecantikan kulit. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan madu langsung kepada wajah yang berkomedo dan didiamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Atau juga agar hasil lebih maksimal kamu dapat campurkan madu dengan jeruk nipis dan lakukan dengan cara yang sama. 

Itulah bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo. Bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit wajah yang berkomedo, kamu dapat mencoba dan mempraktikkannya di rumah. Kemudian lihat hasilnya apakah berhasil dengan bahan-bahan seperti yang dijelaskan di atas? Selain menghilangkan komedo, diperlukan juga cara merawat wajah dari komedo agar tetap bersih dan mulus.

Cara Merawat Komedo di Wajah

Komedo di wajah.

Photo :
  • U-Report

Komedo terdiri dari dua jenis yakni komedo hitam (blackhead) yang berada di luar kulit dan komedo putih (whitehead) yang berada di dalam kulit. Komedo yang berwarna hitam bisa muncul karena proses oksidasi oleh udara yang terjadi pada wajah. Jika komedo di wajahmu sudah berwarna hitam tentunya sangat mengganggu penampilan bukan? Maka dari itu jangan tunggu sampai komedo di wajah menghitam dengan melakukan perawatan wajah. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat wajah agar terhindar dari komedo.

Saat ada komedo yang muncul di wajahmu, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya. Masih ada beberapa cara untuk melakukan perawatan kulit dan mencegah komedo muncul menjadi parah. Berikut ini cara yang dapat dilakukan: 

  1. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dari sisa-sisa make up pada setiap harinya sebelum kamu tidur. Gunakan pembersih wajah seperti micellar water atau toner agar tidak ada kotoran yang masih tertinggal pada dan wajah bisa benar-benar bersih.
  2. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dengan memakai facial foam atau sabun pembersih wajah..
  3. Memakai penyegar wajah untuk mengecilkan pori-pori dan untuk melembutkan kulit.
  4. Menggunakan krim malam dan menjaga pola makan serta pola hidup sehat. Jangan mengkonsumsi makanan yang berlemak.
  5. Pakailah masker khusus wajah dan pijat wajah dengan ringan. Relaksasi di wajah fungsinya untuk menghilangkan komedo.

Itulah cara menghilangkan komedo di wajah yang dapat kamu lakukan di rumah. Cukup mudah bukan? Sejatinya merawat kulit wajah adalah untuk kepuasan tersendiri terhadap penampilan wajahmu. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan bisa dicoba dan dipraktekan oleh kamu yang membacanya. Semoga cara-cara tersebut berhasil dilakukan!

Ilustrasi komedo.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Komedo sering menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang. Meskipun kebiasaan memencet komedo terkadang tampak menjadi solusi cepat, tapi justru berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024