Teratai Hingga Pegagan, Tanaman Ajaib Sehatkan Kulit saat Pandemi

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Masalah kulit sering datang bersamaan, terlebih dengan pemakaian masker yang diwajibkan di saat pandemi COVID-19. Seperti halnya kulit dengan minyak berlebih, masalah kulit yang kerap muncul adalah komedo tampak besar, berjerawat, dan bruntusan. 

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Lain halnya dengan kulit terdehidrasi atau kulit kering, maka masalah yang kerap muncul seperti kerutan dan garis halus, kulit tampak kusam, hingga flek hitam. Bahkan, penuaan kulit akan rentan terjadi lebih dini dibanding usia biologisnya.

Sementara itu, pemilik kulit sensitif dan mudah iritasi akan mengalami kemerahan, serta jerawat PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) berupa noda kecoklatan atau kehitaman yang disebabkan melanin, dan jerawat PIE (Post Inflammatory Erythema), yakni bekas jerawat kemerahan akibat pembuluh darah melebar, yang terjadi secara bersamaan.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Tentu saja, masalah kulit yang datang secara bersamaan dan mempengaruhi satu sama lain membuat ragu untuk memilih jenis perawatan kulit yang tepat. Apalagi ditambah banyaknya pilihan skincare dengan ingredients, fungsi dan tekstur yang beragam, sehingga sulit untuk menjatuhkan pilihan. Berisiko tidak cocok dan sudah terlanjur beli, namun hasilnya permasalahan kulit masih tetap ada. 

CEO ABILLKOREA Co Ltd, Kim Hyung Min melihat bahwa berbagai permasalahan kulit yang beragam dan terkadang muncul secara bersamaan. Lantas, apa saja bahan-bahan alami yang baik untuk kulit? Yuk kenalan dengan beberapa tanaman ajaib ini.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Teratai

Paduan ekstrak teratai dan sodium palmitoyl rupanya ampuh melawan penuaan dan meningkatkan elastisitas kulit. Terlebih, bahan ini bisa dipadukan dengan air daun lidah buaya dengan manfaat pelembab yang sangat baik. Kandungan ini ternyata dapat ditemukan dalam Fresh Herb Origin Serum yang baik untuk anti-aging.

Sereh

Sereh menjadi tanaman herbal yang selalu hadir di sajian khas Tanah Air. Siapa sangka, sereh juga bisa bermanfaat untuk kulit. Apalagi dipadukan dengan kulit jeruk nipis dan apple-mint sebagai pore complex di dalam Fresh Herb Origin Serum untuk menenangkan kulit dan mengecilkan pori-pori yang membesar.

Lemon

Phyto Niacin Whitening Essence mampu membantu mencerahkan kulit agar tampak sehat dan bercahaya. Sebab, ini mengandung bahan pencerah seperti niacinamide dan turunan vitamin C yang diekstrak dari buah Lemon, Morusalba Bark, dan Rosacanina. Ini memberikan vitamin yang sering kurang pada kulit dan membantu mencapai efek sinergi cerah untuk membuat kulit Anda cerah dan bercahaya.

Bambu

Selain itu, di dalam Phyto Niacin Whitening Essence terdapat asam hialuronat menawarkan efek retensi kelembapan yang kuat. Juga, Getah Bambu memberikan kelembapan dan kekenyalan pada kulit untuk membuatnya berenergi kembali. Dengan Ini, maka tahap pengaplikasian essence dengan konsentrasi tinggi yang memberikan pemutihan dan kelembapan pada kulit, menghilangkan noda yang tidak perlu dan mengurangi kekeringan dengan bahan-bahan yang diperoleh dari alam.

Pegagan

Kata “cica” adalah kependekan dari Centella asiatica, ramuan asli beberapa bagian Asia dan Afrika. Ini terkenal untuk menenangkan eksim dan psoriasis, serta menyembuhkan luka bakar dan goresan yang dangkal. Tak heran, di dalam Acne Cica Plus Clear Serum mampu embantu masalah jerawat dan bruntusan, menghaluskan serta sebagai anti-inflammatory.

Terbukti bahwa Daun pegagan mengandung senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkai daun. Senyawa tersebut memiliki efek antiinflamasi dan antikeloid yang dapat mengurangi peradangan pada kulit, seperti pada kondisi psoriasis dan dermatitis. Selain itu, salah satu tanda penuaan adalah semakin berkurangnya kadar kolagen dalam kulit akibat faktor usia, paparan sinar matahari, ataupun pola hidup tidak sehat. Daun pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit dan memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan tanda-tanda penuaan.

Kulit yang terlalu kering akan nampak kusam dan keriput. Ekstrak Centella asiatica dapat meningkatkan kadar sebum atau minyak alami kulit, sehingga kelembapan dan elastisitas kulit dapat terjaga. Kandungan saponin dari tanaman ini juga mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis di kulit.

Semangka

Semangka menjadi salah satu buah tropis yang mampu menghidrasi tubuh. Tak heran, ekstrak semangka atau Citrullus Lanatus di dalam Pink AHABHA Serum berperan sebagai antioksidan. Untuk itu, serum ini membantu untuk mengeksfoliasi kulit dan juga melembapkan kulit wajah hingga kedalam.

Oleh karena itu, kulit membutuhkan kenyamanan dari produk berbahan alami seperti 4 mini serum Nacific Indonesia. Lantas, bagaimana cara tepat memakai serum?

“Cukup dua hingga tiga tetes untuk mengatasi masalah kulit, dan dapat melakukan teknik layering serum apabila permasalahan kulit datang di waktu yang bersamaan,” ujarnya, dalam keterangan pers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya