Unik, Brand Fesyen Ini Usung Kearifan Lokal Indonesia

Busana brand lokal Naranaya.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kian banyak brand fesyen lokal bermunculan yang tak kalah dari brand luar negeri. Menariknya, budaya Indonesia yang begitu kaya membuat banyak brand fesyen lokal berlomba-lomba meluncurkan koleksi busana yang terinspirasi dari ragam budaya Tanah Air.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Salah satunya adalah Naranaya, brand fesyen yang mengusung kearifan lokal Nusantara siap menghadirkan sederet koleksi terbaik mereka. Brand yang baru saja membuka offline store pertamanya di Neo Soho Mall, Jakarta Barat 22 Januari 2022 lalu itu menyasar pasar milenial berusia 17-35 tahun.

"Naranaya sebuah brand produk fesyen yang mengangkat konten kearifan lokal yang ada di Indonesia. Di sini banyak sekali warna-warna cerah, warna pastel dan warna hijau yang menunjukkan keberagaman dari Indonesia," ujar Aldi Dwi Prastianto, salah satu owner Naranaya.

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

Pngusaha yang sekaligus ketua umum DPP INAYES itu optimis brand-nya akan menjadi salah satu brand lokal favorit yang siap bersaing. Mengusung tagline 'Express Your Divine Beauty', mereka mengajak para pecinta fesyen untuk lebih percaya diri lewat produk fesyen lokal berkualitas.

Busana brand lokal Naranaya.

Photo :
  • Istimewa
5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

"Cuttin-gannya ada dress, blazer dan terusan, dengan harga kisaran Rp200-an ribu sampai 1 juta. Selain busana juga ada tas," tambah Aldi.

Menurutnya, desain koleksi busananya dibuat dengan memadukan konsep modern agar tampak kekinian dan cocok dipakai di berbagai momen.

"Konsepnya modern, kasual, comfortable dengan warna yang tak terlalu mencolok. Motifnya mengangkat konten lokal ada model-model Jawa-nya dan model Prada-nya juga ada," katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Naranaya tak hanya hanya menonjolkan model pakaian, melainkan juga menjaga kualitas barang dengan bahan-bahan yang terbaik. Warna hijau sendiri menjadi signature mereka karena menggambaran Indonesia sebagai sebuah negara yang asri.

Yang patut diapresiasi, brand ini juga menjadi bisnis yang mengusung misi sosial. Kita semua tahu saat pandemi banyak pelaku industri fesyen lokal yang harus kehilangan pekerjaannya. Untuk itu, mereka berkolaborasi dengan desainer lokal yang kehilangan pekerjaan. Dengan mengangkat kreativitas mereka dalam mendesain busana, pihak Naranaya menjual hasil karya mereka.

"Dengan begitu, ini bisa membuka lapangan kerja lagi, meningkatkan pendapatan mereka lagi, sehingga kita berharap pertumbuhan ekonomi juga semakin meningkat," ungkapnya.

Ia pun mengaku optimis bahwa industri fesyen Indonesia bakal kian menggeliat.

"Harapannya Naranaya bisa bersaing di tengah menggeliatnya juga industri fesyen Tanah Air. Bukan hanya di industri fesyen lokal, tapi juga internasional," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya