Si Kecil Cabe Rawit Glycolid Acid, Bikin Wajah Mulus Bebas Flek Hitam

Ilustrasi skincare.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Flek atau noda hitam menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dihadapi para wanita, terutama yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Ini disebabkan paparan sinar matahari menjadi hal yang sulit dihindari saat beraktivitas.

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Menurut dokter kulit sekaligus content creator dr. Danar Wicaksono, SpDV, noda hitam pada wajah sebenarnya adalah mekanisme pertahanan kulit. Semakin lama paparan sinar ultraviolet matahari, melanin akan memproduksi jumlah yang banyak untuk melindungi kulit, sehingga melanin menumpuk dan jadilan flek hitam.

"Ini bisa terjadi pada semua orang, pada usia muda, mulai dari usia 20 tahun. Memang tidak berbahaya, tapi kalau melihat wajah adalah cerminan, first impression," katanya saat konferensi pers peluncuran peluncuran Glycolic Bright dari L'Oréal Paris, Kamis 10 Maret 2022.

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Lebih lanjut, dokter Danar menjelaskan bahwa selain sinar matahari, ada kondisi lain yang bisa menimbulkan flek hitam di wajahnya. Misalnya, ibu hamil yang tiba-tiba muncul flek hitam di wajah yang disebabkan oleh hormon. Jadi, ada beberapa penyakit yang melibatkan sistem hormon.

Secara alami, melanin yang diproduksi kulit akan terlepas atau tereksfoliasi sendiri. Namun, seiring bertambahnya usia, kemampuan ini berkurang. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan flek menumpuk di bagian atas kulit. Inilah sebabnya perawatan kulit sangat diperlukan. Dokter Danar menyebut, ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah peeling.

Mau Perawatan Menyeluruh dari Wajah Sampai Tubuh? Ini Pilihannya

Dari studi-studi yang sudah ada sejak dahulu dan terlama adalah menggunakan bahan glycolic acid. Bahan ini sudah digunakan sejak tahun 90-an dengan hasil yang konsisten, efektif dan aman menghilangkan flek hitam.

Ilustrasi wanita

Photo :
  • Freepik/lookstudio

"Glycolic acid memiliki efek yang ekstensif, baik dari bagian atas kulit atau epidermis hingga bagian tengah," katanya.

Dia melanjutkan, glycolic acid bekerja dengan cara merenggangkan sel-sel kulit dan akhirnya mengeksfoliasi atau mengangkat melanin di bagian atas kulit. Bahan ini sangat versaile, molekulnya sangat kecil sehingga mampu menembus bagian tengah kulit.

"Glycolic acid ini bisa disebut kecil-kecil cabe rawit, selain menghilangkan flek hitam, bisa merangsang serabut kolegen sehingga kulit warnanya lebih rata dan kenyal," tambah dokter Danar.

Bahan ini juga yang diangkat oleh L'Oréal Paris di dalam produk terbarunya L'Oréal Paris Glycolic Bright. Dengan kandungan 1 persen Brightening Glycolic Acid, produk ini diklaim bisa menyamarkan hingga -57 persen noda hitam dalam 4 minggu dan memberikan efek instant glowing.

"Terinspirasi dari prosedur peeling, formula ini mengandung kombinasi optimal dengan tingkat efektifitas yang tinggi dari 1 persen brightening glycolic acid yang mampu mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan pembaruan sel, serta Symwhite dan Niacinamide yang berperan untuk menekan produksi melanin/pigmen warna di dalam kulit," ujar Head of Research and Inovations L'Oréal Indonesia, Nayana Dharsono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya